Tita ; Keseimbangan Hidup Dalam Kebijaksanaan Trigunas, Tamas, Rajas dan Satva

 

Tita Synthia atau akrab disapa Tita adalah pengajar yoga di Taman Suropati pada pekan ini Minggu, 13 Januari 2019 Ia memulai perjalanannya dalam dunia yoga pada tahun 2015 lalu pada tahun 2016 ia memutuskan untuk mengambil TT di Purinawa Yoga School dan hingga kini Tita terus mengajar di sekolah yoga, pusat kebugaran dan mengajar private.

Setelah mengenal yoga dan menekuninya hingga kini Tita merasakan manfaat yang luar biasa dari beryoga, ia merasakan  lebih fit, lebih sehat dan aligment tubuhnya membaik hal ini menyebabkan Tita menjadi pribadi yang lebih baik, bahagia dan percaya diri, menurut Tita kesemua keuntungan ini hanya bonus yang didapatkan setelah menjalani dan menekuni yoga di samping tujuan utama dalam beryoga adalah menyelaraskan pikiran, nafas dan gerakan.

Tita sangat menyukai asana yoga Hatha karena menurut Tita dalam Hatha Yoga ada satu kesatuan komplit yang didapatkan. Saat beryoga Hatha kita focus melatih asana, pranayama, bandha, mudhra dan relaksasi yang mendalam.

Selalu ada saat pertama kali dalam hidup sesorang, begitu juga saat saya menjar yoga untuk pertama kalinya, saya deg-degan luar biasa tetapi excited.. saya jadi teringat pada guru guru yoga yang dulu mengajarkan saya, di antaranya Yo Prihessy, mami Wati Eshuis dan Nungky, saya belajar banyak dari mereka karena mereka sangat rendah hati, kreatif, positif dan selalu mau belajar guna memperbaharui ilmu mereka, saya selalu berkaca dari mereka.

Dalam yoga ada tiga hal yang sangat menarik untuk saya adalah bagaimana menemukan keseimbangan hidup dengan kebijaksanaan Trigunas :  Tamas, Rajas dan Satva. Perkembangan yoga di Indonesia sekarang ini juga sudah sangat menggembirakan dan berkembang dengan baik karena masyarakat sudah memahami dan ingin hidup lebih sehat. (Lydia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *