Abdurrahman Henda: “Motivasi Yoga Saya Bukan Pose Akrobatik”

Yoga Gembira di tengah bulan Agustus 2017 ini disambangi oleh guru yoga Abdurrahman Henda. Untuk mengenal lebih dekat Henda dalam yoga dan kesehariannya sebagai pengajar yoga di Jakarta, kami memberikan sejumlah pertanyaan padanya. Berikut ringkasannya.

 

Bagaimana kesan Anda pertama kali lihat orang yang melakukan yoga? 

Kesan pertama saat saya melihat kelas yoga yang dipimpin oleh guru yoga yang belum saya tahu namanya. Saya merasa begitu kagum dengan tubuhnya yang begitu lentur.

Bagaimana perjalanan Anda sampai bisa mengajar seperti sekarang?

Dari pengalaman melihat kelas yoga tersebut, akhirnya saya tertarik mengikuti kelas yoga di tahun 2011. Saat itu saya hanya ikut sebagai member sampai tahun 2013 itu pun hanya latihan seminggu 1 kali.

Apa tujuan Anda beryoga?

Tujuan saya mengikuti yoga karena ingin tubuh saya jauh lebih sehat. Di samping itu, saya ingin lebih memahami tentang tubuh dan teknik pernapasan yang benar. Motivasi utama saya beryoga bukan karena ingin bisa melakukan berbagai pose akrobatik.

Siapakah guru-guru yoga yang memberikan Anda banyak inspirasi?

Guru yoga yang paling saya ingat pertama kali ikut kelasnya teteh Yuni, “Sifu” Dicky Sulistio, serta guru utama saya “Master” Slamet Riyanto yang membuat saya lebih tekun lagi untuk belajar tentang yoga. Mereka semua inspirasi saya.

Kenapa tertarik belajar yoga lebih mendalam?

Yoga bermanfaat buat tubuh, pikiran, serta pernapasan.

Pendapat Anda tentang perkembangan yoga di Indonesia beberapa tahun terakhir ini?

Perkembangan yoga di negeri kita/Indonesia begitu pesat, booming dari segala penjuru.

Adakah jenis yoga tertentu yang paling Anda sukai?

Semua jenis yoga saya suka, selagi masih bisa saya ikuti.

Berapa kali seminggu Anda berlatih yoga?

Saya berlatih yoga setiap hari, karena yoga sudah menjadi bagian hobi saya.

Adakah asana yang paling Anda sukai dan kurang sukai?

Asana yang paling saya suka surya namaskar karena simpel dan mudah diingat. Sementara itu, savashana adalah asana yang paling kurang saya sukai karena saya sering ‘kebablasan’ tidur.

Manfaat terbesar apa yang Anda rasakan setelah berlatih yoga?

Beryoga membuat hidup saya jauh lebih sehat, bugar. Pikiran saya jauh lebih terkontrol setiap harinya. Ini yang saya rasakan sampai detik ini.

Ada pesan untuk mereka yang belum mencoba yoga?

Pesan saya buat orang-orang yang di luar sana yang belum pernah mencoba yoga, ayo bergabung dengan yoga yang setiap minggu pagi diadakan Komunitas Yoga Gembira di Taman Suropati, Menteng. Tidak perlu segan atau takut sebab yoga itu bermanfaat buat tubuh, pikiran dan pernapasan. (*Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *