Acro Vinyasa, Everybody can fly

Yoga bersama Ryan Purinawa, Yoga Gembira Festival 2015

Memasuki hari ke-2 Yoga Gembira Festival 2015, Sabtu, 25 April 2015 di Taman Menteng, Ryan Purinawa mengajak peserta  di panggung 1 belajar Acro Vinyasa Yoga.

Apa itu Acro Vinyasa Yoga? Acro yoga adalah latihan fisik dengan kombinasi yoga dan akrobatik, beberapa pose acro yoga dilakukan oleh dua orang atau lebih. Vinyasa Yoga meliputi teknik-teknik dasar dan gerakan pernapasan dasar, vinyasa sun salutation yaitu rangkaian 12 gerakan dasar yang diselaraskan dengan pernapasan. Acro Vinyasa merupakan gabungan dari keduanya, pose-pose acro yoga yang  digabungkan dengan gerakan-gerakan vinyasa yoga.

Ryan Purinawa yang selama ini dikenal berfokus pada vinyasa, mengutarakan bahwa kali ini ia ingin menampilkan sesuatu yang baru bagi para pecinta yoga, khususnya yang hadir di Yogfes 2015 yaitu acro vinyasa yoga yang kian populer. Pada kelas kali ini, Ryan membukanya dengan gerakan dasar vinyasa sebagai pemanasan, dan berikutnya peserta mulai diajarkan acro yoga, beberapa peserta, berdua atau bertiga, bekerjasama melakukan satu pose.

Satu pose bersama yang dilakukan kali ini adalah, satu orang sebagai base melakukan posisi terlentang dengan kaki diangkat 90 derajat, lalu satu orang sebagai flyer menumpukan tulang pelvisnya ke kaki base yang awalnya ditekuk terlebih dahulu. Setelah siap, base meluruskan kakinya, mengangkat flyer. Si flyer meluruskan kaki dan mengangkat bahu seperti gerakan cobra, dengan tangan di samping tubuh sehingga terlihat seperti sedang terbang (flying). Untuk memastikan aman, diperlukan satu supporter yang menjaga kondisi pose tersebut. Gerakan ini  cukup mudah dan setiap orang dapat melakukannya, everybody can fly. 🙂

Acro-Yogfest2015-1

Ryan menambahkan, acro vinyasa untuk pemula,sebaiknya minimal terdiri dari tiga orang, yaitu base, flyer supporter, tapi bagi yogi/yogini mahir, acro yoga dapat dilakukan berdua tanpa supporter.

Seperti vinyasa yoga, acro yoga memberikan manfaat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot,  manfaat lainnya adalah peserta belajar percaya kpeada orang lain, bahwa partner-nya mampu melakukan pose untuk saling mendukung pose bersama. (Retnani, 250415)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *