Acro Vinyasa, Kelas Semua Bisa

13047835_619726041516378_5334521586695029554_oSetiap tahun, Dini Maharani, guru yoga asli Jakarta ini selalu mengisi kelas di Yoga Festival. Kelasnya selalu menarik, atraktif, memeras keringat dan seru. Dini bersama co teacher, Fathan membawakan kelas Acro Vinyasa, kelas semua bisa, mulai dari pemula, dengan pengalaman atau sekelas instruktur.

Kelas Acro dan Vinyasa… paduan yang menarik. Tahun ini Dini memang baru saja menyelesaikan Teacher Training untuk Acro Vinyasa di Bali. Yoga Festival adalah tempat yang baik untuk dia berbagi ilmu baru. Kelas Dini dikenal sangat dinamis dan berpeluh keringat. Diawal, dia dan Fathan membangun kekuatan otot inti kemudian beranjak kepada fleksibilitas. Sekuens klasik Surya Namaskar A dan B dilakukan dengan intensitas tinggi, pedasnya vinyasa dan udara panas disekitar Taman Menteng membuat kelas ini makin mantap.

Dengan jam terbang tinggi sebagai pengajar, Dini dengan baik memecah postur demi postur yang nantinya membawa kita kepada sesi “main-main”. Kelas Acro Vinyasa bukan kelas acro biasa dengan postur bird dan sebagainya, Dini memilih gerakan yang berbeda, membutuhkan konsentrasi, kepercayaan diri dan kerja tim yang baik. Muka-muka baru, peserta yang tidak saling kenal maupun sudah kenal sebelumnya, membentuk grup terdiri dari 3 orang.  Satu orang berbaring dengan lutut ke arah dada, satu lagi berdiri di sekitar tulang kering pada kaki, dan satu lagi berada dibelakang untuk menjaga performa tersebut. ” Dalam acro yoga yang penting adalah keamanan, bukan sekedar foto yang indah.” kata Fathan.

Bagi flyer, atau yang berada diatas, mereka harus menjaga keseimbangan untuk melakukan gerakan chair pose twist, fold forward dan akhirnya berdiri diatas kaki si base.  Sementara yang dibawah atau base, dengan percaya diri menjadi dasar, tanpa mengalami rasa saki atau tidak nyaman yang berarti, dan latihan tersebut dianggap berhasil.

Kelas acro vinyasa Dini Maharani membuktikan, ini adalah kelas untuk semua. Dari puluhan peserta yang hadir, tidak satu pun yang keluar tanpa mencoba. Mereka yang baru pertama kali melakukan yoga atau acro yoga merasa senang. Ada tambahan pengetahuan baru. Pulang dari Yoga Festival, mendapat manfaat, tubuh sehat dan lebih percaya diri.

….Try to be rainbow in someone’s cloud.. Maya Angelou….

(*Johanna Purba/ Photo credit: Dewi Rianna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *