Anggina Mutiara : Ahimsa Menjadi Motto Saya

Teman yoga, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan yang prima silakan disimak wawancara pendek yang kami lakukan bersama Anggina Mutiara, Beliau akan berkarma Yoga melalui livestreaming Instagram @yoga_gembira pekan ini pukul tujuh pagi!!

Kapan dan bagaimana Anda bisa mengenal yoga hingga seperti sekarang?

Mulai mengenal yoga dari tahun 2010, awalnya mencoba kelas Bikram Yoga, pada waktu itu masih belum tertarik untuk serius mengikuti yoga. Di 2018 saya mulai serius dan teratur berlatih yoga hingga akhirnya di akhir 2019 berniat mengambil Yoga Teacher Training. Akhir tahun 2020 mendapat sertifikat pengajar dan hingga sekarang saya masih terus belajar dengan mengambil workshop – workshop (walaupun online).

Apakah tujuan paling utama dalam yoga?

Explorasi atas jiwa dan raga. Tidak hanya mengejar asana tetapi juga kepuasaan dan ketenangan batin. Ketika berlatih yoga, pikiran menjadi damai dan fokus.

Siapa guru yoga yang paling diingat dan inspiratif sampai sekarang?

Semua guru yoga saya memberikan arahan dan pengetahuan yang sangat bermanfaat. Mereka merupakan insipirasi bagi saya. Namaste wahe guru.

Manfaat apa yang pertama Anda rasakan setelah pertama kali dulu mulai beryoga?

Badan terasa enak dan ringan. Apabila berhasil melakukan pose-pose tertentu ada kepuasaan tersendiri dan terkagum atas bagaimana kemampuan  anatomi manusia bisa melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Menurut Anda, guru yoga yang ideal itu seperti apa?

Tidak hanya mengerti asana atau tetapi juga memiliki pengetahuan akan esensi yoga diluar fatihan fisik, dapat berkomunikasi secara baik dengan murid dan kebutuhan masing-masing murid. Rendah hati dan mampu menginspirasi.

Jenis yoga yang bagaimana yang paling Anda sukai? Dan kenapa?

Power Vinyasa dan Asthanga

Bagaimana dan sesering apa Anda yoga?

Latihan 3-4 kali seminggu, mengajar 4-5 kali seminggu.

Asana apa yang paling Anda sukai dan tidak sukai di kelas yoga dan kenapa?

Saya suka semua asana, mulai dari backbend, inversion, forward bending maupun twisting. Setiap asana memiliki trick dan tekhniknya sendiri, Sekali anda dapat melakukannya secara benar dan aman akan mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan.  Tetapi kalau harus memilih saya sangat menyukai inversion: mulai dari headstands, pincha dan handstands.

Bagaimana yoga Anda integrasikan dalam kehidupan sehari-hari?

Secara benefits untuk Fisik, dikarenakan sehari-hari saya bekerja di depan computer, di sela-sela istirahat saya selalu mencoba untuk mengaplikasikan counter pose untuk menjaga alignment badan sehingga tidak terlalu menunduk.

Secara philosophy, dikarenakan Yoga juga mengajarkan untuk Ahimsa yaitu non violence sehingga dalam kehidupan sehari – hari saya mencoba untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Apa hobi di waktu luang selain yoga dan olahraga?

Memasak

Bagaimana menurut Anda perkembangan yoga di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini?​

Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga favorit di berbagai kalangan. Dengan bertumbuhnya yoga studio di berbagai lokasi dan yang kemudian beradaptasi dalam konteks Covid-19 melalui online zoom yoga. Perkembangannya terlihat sangat pesat dan berevolusi dengan baik.

Bisa diceritakan sekilas, bagaimanakah pengalaman pertama mengajar Anda?

Sedikit nervous ketika pertama kali mengajar untuk orang banyak, mencoba mengingat sequence dengan seksama, jadi kurang interaktive dengan murid yang ada. After my first teaching class, I was hooked in being yoga practitioner and teacher!

Bagaimana Anda menggambarkan gaya mengajar Anda?

Gerakan-gerakan dinamis, untuk melatih strength dan fleksibilitas

My style is power vinyasa, in my lively moving class, I will take you veto flow seamlessly from one asana to another while progressively building intensity, strength and flexibility

 Apakah aspek yoga yang paling menarik bagi Anda?

The very heart of yoga practice is ‘Abhaysa’ — steady effort in the direction you want to go.

Di mana dan kapan Anda rutin mengajar yoga?

Mood Studio online every Thursday 6.30PM, offline Saturday at 1PM

Private/Group private: di yoga studio di Lavenue residence

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *