Antigravity Yoga: Tetap Beryoga Minim Cedera

antigravityPenasaran Mencoba Antigravity Yoga..?

Yoga memang menjadi popular belakangan ini, dari yoga tradisional atau klasik hingga yoga dengan modifikasi terbaru. Salah satu pilihan baru yang kini turut popular adalah Antigravity yoga.

Hari ini kebetulan saya ditugaskan untuk meliput kelas ini di Main stage Yoga Gembira Festival 2014, saya betul-betul penasaran dan tertarik untuk mencobanya, maklum selama ini ikut kelas yoga napak tanah alias bermatras ria.

Selama mendengarkan hampir 1 jam penjelasan disertai dengan demo yang ditampilkan, saya berbincang dengan teman saya yang sudah pernah mengikuti kelar anti gravity :

Saya : Sepertinya yoga jenis ini mengangkat badannya cukup berat ya ?
Teman : Tidak, justru sebenarnya ringan sekali karena kita sudah ditopang dengan hammock (semacam kain untuk menggantung). Hanya mungkin pada awal mencoba, biasanya beberapa orang takut jatuh ke bawah.

Saya : Lalu, apa bedanya antigravity yoga dengan jenis yoga lainnya ?
Teman : Kelebihan antigravity yoga adalah cocok bagi pecinta yoga yang rentan cedera, bermasalah dengan back pain maupun tekanan, karena pada anti gravity tekanan sudah ditopang oleh alat bantu.

Karena belum puas, maka setelah kelas selesai, saya masih menyempatkan berbincang dengan tim antigravity yoga.

Saya : Sebetulnya aktivitas apa saja yang biasanya sering dilakukan pada yoga ini ?
Tim : Anti gravity yoga merupakan kombinasi dari : yoga, pilates, senam dan acrobat. Namun gerakan yang lebih banyak dilakukan pada jenis yoga ini adalah stretching.

Saya : Lalu apa manfaatnya bila kita rajin melakukan anti gravity yoga ?
Tim : Stretching yang sering dilakukan seperti memanjangkan tulang belakang dapat membantu merangsang proses sirkulasi darah dan sirkulasi lainnya menjadi lebih optimal.

Hari ini saya mendapat pengetahuan baru tentang antigravity yoga dan serunya saya sempat mencobanya.. ya, ternyata cukup fun dan menantang,

Sepertinya Anda juga perlu mencobanya dan temukan studio yang menawarkan kelas yoga ini. (Retnani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *