Arul: “Yoga Itu Sederhana”

(Foto: Donnie)

Nama pengajar yoga satu ini memang cukup panjang untuk diucapkan: Bahrul Ulum Mithrandiir. Karena itu, saat ditanya bagaimana namanya akan disebut di dalam pengumuman kami, ia menyarankan nama panggilannya saja: Arul. Kepada kita, ia berbagi sejumlah persepsinya tentang yoga. Berikut cuplikannya.

 

Bagaimana kesan pertama saat melihat yoga?

Kesan pertama saya terhadap yoga adalah olah fisik yang sulit dilakukan, karena perkenalan saya dengan yoga hanya melalui Instagram yang mempertontonkan asana-asana yang challenging (menantang). Namun, setelah saya membaca lebih banyak artikel tentang yoga, semuanya berubah, dan mulai tertarik untuk beryoga.

 

Kapan dan bagaimana pertama kali bisa sampai tertarik belajar yoga?

Pertama kali melakukan yoga pada akhir 2015, pada kelas pertama saya sama sekali tidak mengerti apa itu yoga, ikut kelasnya pun sebetulnya karena iseng. Lalu sampai saya tertarik pada yoga itu karena saya merasa bahwa yoga itu sederhana dan tidak membutuhkan peralatan olah fisik yang mahal. Cukup dengan tubuh sendiri dan mat yoga. Dan waktu itu, guru yoga pertama saya bilang bahwa kalau masih bernapas, masih bisa beryoga dan itu yang membuat saya semakin tertarik pada yoga.

 

Apa tujuan paling utama Arul dalam yoga?

Tujuan utama dalam yoga saya mungkin tidak berbeda dengan praktisi-praktisi yoga lain ialah menjadikan yoga sebagai salah sebuah alternatif olah tubuh untuk kesehatan. Lalu setelah saya berlatih dengan rutin, saya menyadari bahwa yoga juga berpengaruh pada aspek psikologis yang kemudian juga menjadi tujuan saya dalam beryoga.

 

Siapa guru yoga yang paling diingat sampai sekarang?

Semua guru yoga berkesan bagi saya, semuanya baik tapi tidak semua cocok dengan selera saya.

 

Manfaat apa yang pertama dirasakan setelah beryoga?

Manfaat yang pertama dirasakan setelah beryoga lebih mudah tidur, insomnia berkurang. Dan setelah berlatih dengan rutin, yoga membentuk pribadi saya menjadi lebih ekspresif.

 

Menurut Arul, kenapa sedikit pria yang berminat untuk beryoga?

Mungkin karena banyak orang yang memahami permukaannya saja, bahwa yoga hanya sekedar stretching dan melatih fleksibilitas yang dianggap lebih dikuasai oleh perempuan.

 

Jenis yoga yang bagaimana yang paling kamu sukai? Dan kenapa?

Saya menyukai yoga dengan style flowing. Alasannya karena memang pada dasarnya saya lebih menyukai cardio workout.

 

Bagaimana dan sesering apa kamu yoga? Setiap hari atau beberapa kali seminggu?

Lima kali dalam seminggu saya melakukan yoga di samping olahraga yang lain. Ada yang dilakukan sendiri, ada juga yang dilakukan dalam kelas dengan guru yang lain untuk menambah pengetahuan dalam beryoga.

 

Asana apa yang paling kamu sukai dan tidak sukai di kelas yoga dan kenapa?

Asana yang paling saya sukai yakni asana yang bisa saya lakukan. Asana yang saya tidak sukai ialah asana yang sulit saya lakukan seperti backbend.

 

Bagaimana yoga kamu integrasikan dalam kehidupan sehari-hari?

Ada beberapa filosofi yang saya integrasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya ahimsa dan lain-lain. Lalu mungkin secara tidak langsung yoga juga membawa pengaruh dalam kehidupan saya seperti pada suatu situasi yang kurang menyenangkan, saya harus bertahan seperti saat beryoga, saat saya melakukan penahanan pada postur-posturnya. (*Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *