Ayurvedic diet; eating right for your body type – Maya Muchtar 

 

image4Topik kelas hari ini sangat menarik yaitu membahas diet ala Ayurveda. Antara Ayurveda dan Yoga memiliki banyak kesamaan. Keduanya merupakan ajaran filosofi berbasis meditasi yang ditemukan di India sekitar 5000 tahun yang lalu. Tidak heran kalau keduanya saling berkaitan seperti sodara kakak beradik. Untuk menjalani gaya hidup Ayurveda meliputi 4 bagian yaitu ‘self massage’, meditasi, yoga dan diet/makanan. Kali ini Maya akan membahas lebih dalam tentang diet ala Ayurveda.

 

Sebelum kita melakukan diet, kita harus mengenal diri kita sendiri yaitu dengan mengenal tipe tubuh kita (dosha). Kelas lalu dibagi menjadi tiga bagian menurut bentuk tubuh peserta. Ada tipe kurus, sedang dan gemuk. Lalu Maya memberikan selebaran kuis yang harus diisi untuk menentukan tipe tubuh mana yang kita miliki. Ada 3 jenis tipe tubuh menurut Ayurveda yaitu vata (angin), pitha (api) dan kapha (air).  Masing-masing tipe tubuh memiliki pantangan makanan dan apa saja makanan yang dapat menyeimbangkan. Karena makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Tips dari Maya, jangan pernah makan pada saat kita sedang emosi karena dapat mengganggu kesehatan dan menimbulkan kerusakan tubuh dan mental secara jangka panjang. Seperti prinsip Ayurveda, “Good digestion, Good emotion”. Lakukan hal lain yang positif seperti yoga dan meditasi sampai emosi mereda.

 

Jadi jika tubuh seimbang secara jiwa dan raga, umur manusia bisa mencapai hingga 125 tahun. Bayangkan kita memiliki waktu yang panjang untuk berkarya dan menuntaskan obsesi-obsesi pribadi. Manusia dapat berusaha mencapai keseimbangan tubuh dan jiwa dengan menjalani gaya hidup Ayurveda. Kelas ditutup dengan meditasi bersama, sambil diiringi musik lembut dan gemiricik hujan yang mulai turun deras sore ini. (*Rhani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *