Bergembira di Kelas Yoga Anjasmara

Aktor Anjasmara Prasetya kembali ambil bagian dalam YogFest. Aktor yang kini menekuni yoga itu mengajar pada hari kedua YogFest 2015 di kelas Don’t Worry Be Happy.

Sesuai dengan namanya, di kelas ini Anjas seolah memberi kebebasan kepada peserta untuk melakukan gerakan yoga sesuai dengan kemampuan dan dengan hati gembira.

“Kenapa don’t worry be happy? Pokoknya jangan kebanyakan berpikir. Nggak usah takut, lakuin saja. Kalau nggak bisa lakuin pose secara maksimal tidak apa-apa. Ini yoga bukan ujian nasional. Lakukan mengalir saja,” kata Anjas sebelum memulai kelasnya di Taman Menteng, Sabtu (25/4).

Dalam kelas berdurasi dua jam, Anjas sukses menghilangkan ketegangan para peserta yoga. Tawa para peserta pecah setiap kali Anjas melontarkan candaan baik berupa verbal maupun nonverbal.

Misalnya saja saat melakukan pigeons pose. Anjas membuat analogi dari setiap tahapan dalam melakukan gaya burung merpati.

“Tangan kirinya gaya tukang minta-minta lalu putar ke belakang tubuh,” ujar Anjas.

Anjas pun kerap menggoda peserta yang kelelahan dengan mengiming-ngimigi mereka dengan gerakan penutup latihan yoga, yaitu savasana (posisi tidur).

Saat melakukan back bend pose, Anjas berbagi cerita soal ketidaksukaannya pada gerakan ini. Namun, setelah mengikuti sebuah lokakarya, Anjas menjadi suka dengan gerakan kayang ini.

“Gerakan back bend ini membuka dada kita. Dengan membuka dada, kita akan bisa menerima apapun keadaan kita,” terang Anjas yang hadir dengan didampingi oleh istrinya, Dian Nitami.

Di kelas ini, Anjas memberikan sebuah pelajaran tentang kecintaan terhadap diri sendiri. Ketika ingin memperagakan gerakan yang berguna untuk mengencangkan otot perut, Anjas mencium kedua dengkulnya sembari mengucapkan I love you.

“Dengkul kita selama ini selalu tegang. Ini saatnya diregangkan. Kita sekali-kali harus memanjakan tubuh kita sebagai bukti rasa sayang kita. Kita mencintai diri sendiri,” kata Anjas.

Kelas Don’t Worry Be Happy ditutup dengan meditasi. (Rizky Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *