‘Bhakti Yoga, Berbakti kepada Tuhan” dari Godrume Networks

Selama 20 menit pertama kelas dibuka dengan nyanyian dengan iringan yoga musik. Pak Komang dan pengiringnya kelihatan sangat menghayati lagu sambil memainkan alat musik dengan sesekali bergoyang dan memejamkan mata. Arti dan isi lagu dari yoga music ini merupakan puji-pujian kepada Tuhan seperti yang diajarkan dalam Bhakti yoga, langkah kita adalah tarian dan kata-kata kita adalah nyanyian.

Yoga yang tertinggi adalah yoga yg mengerti tentang Aku (Tuhan). Segala sesuatu yang badaniah, duniawi atau material sifatnya aritificial, superficial dan negatif, bisa menjadi sumber dari malapetaka, kegelapan dan kebodohan. Dalam Bhakti yoga, bila kita berhubungan dengan Krishna Surya Sama (Tuhan YME), kegelapan akan menjadi sirna.

Bhakti yoga pada dasarnya terdiri dari 3 kata.
-Bhakti: proses untuk mengerti
-Bhagawan: Tuhan YME
-Bhakta: bertaqwa terhadap perintah-Nya

Tata cara Bhakti yoga ada 9 yaitu
1. mendengarkan Tuhan dan alam semesta
2. menyanyi dan menari berhubungan dengan Tuhan
3. mengingat ajaran Tuhan
4. berdoa kepada Tuhan
5. memuja Tuhan
6. pelayanan kepada Tuhan
7. pemujaan kepada Tuhan
8. pergaulan dengan orang-orang yang melayani Tuhan
9. penyerahan diri kepada Tuhan

Agama yang beragam diciptakan oleh manusia tetapi sesungguhnya agama hanya satu, yaitu satu tujuan mencintai Tuhan. Setiap agama itu sama dan semua terangkum dalam Bhakti yoga. Tujuan dari bhakti yoga yang sesungguhnya adalah mencerahkan hati siapa pun yang bertaqwa kepada Tuhan dan menghentikan permusuhan. Terutama permusuhan antar agama yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Praktek bhakti yoga adalah dengan meditasi menggunakan Japa seperti layaknya dalam agama islam dengan menggunakan tasbih atau Rosario pada agama katolik. Meditasi yang sesungguhnya adalah mendengar, memuji dan berhubungan langsung dengan Tuhan dengan mata hati. Selain itu Bhakti yoga juga menyarankan untuk mencintai dan melindungi bumi dengan mengurangi konsumsi daging, ikan, telur dan akhirnya menjadi vegetarian sejati. Berminat mencoba? (Rhani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *