Build up Strength & Balance – Martin Elianto

Hari terakhir Yogfest 2015 yang luar biasa panas tidak menghalangi parapengikut fanatik Martin atau ‘Martiners’ ikut berpartisipasi dalam kelas progresif Ashtanga siang ini. Kelas belum juga dimulai tapi keringat sudah mulai menetes. “Pose pertama dimulai dengan handstand,” ucap Martin dengan santai. Peserta sontak terkesiap walaupun sebenarnya sudahmenyiapkan mental untuk ‘dibantai’ dalam kelas ashtanga hardcore khas Martin. Menurut Martin, pose handstand ini dapat dilakukan dalam beberapa opai yaitu untuk pemula, intermediate dan advance. Jadi, pada dasarnya ‘Martiners’ dari semua level tetap dapat mengikuti kelas ini dan ditantang mencoba pose-pose yang lebih variatif. Semuanya demi membangun kekuatan dan keseimbangan sesuai tema kelas hari ini.

Martin Elianto

Martin selalu menanamkan bahwa kunci dalam melalukan setiap asana adalah menarik lower belly atau otot perut bagian bawah ke dalam atau istilah yoganya uddiyana bandha.Fungsinya adalah untuk melindungi lower back kita saat mempraktikkan ashtanga yoga atau segala macam vinyasa flow.  Setiap menahan asana, kita harus ‘engaging’ yaitu dengan cara mata selalu terbuka dan selalu bernapas ujjayi  supaya dalam latihan ashtanga kita lebih fokus dan tidak cepat lelah.

Sedikit profil sang pengajar, Martin Elianto yang lama mendalami balet, jatuh cinta pada ashtanga vinyasa yoga dan banyak mendalami berbagai pelatihan guru. Martin pendiri dan penggagas Bogor Yoga Fair dan sampai saat ini mengajar di MarTasya Yoga Shala Bogor dengan sang istri, Tasya Dante yang juga menjadi salah satu pembicara di Yogfest 2015.

Salah satu peserta yang juga pengajar yoga privat merasa kelas Martin ini cukup berat apalagi bagi pemula. Terutama saat Martin menyelipkan berbagai variasi arm balance dan handstand ke dalam surya namaskar A dan B. Walaupun selaluada opsi untukpemula, Martiners tertantang untuk mencoba gerakan-gerakan mahir. Pada akhirnya semua tidak boleh dipaksakan. Always listen to your body. Yoga is not a competition. Namaste. (Rhani Pribadi)

Yogfest Yoga Gembira Festival 2015

26 April 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *