Chakra Dance with Thelma (KARMARATI)

Screen Shot 2016-04-25 at 07.07.20Bagi praktisi yoga, istilah chakra tentu tidak asing lagi. Chakra merupakan titik pusat energi yang ada pada tubuh manusia. Masing-masing chakra terdiri atas elemen bioenergi yang berbeda satu dengan lainnya.
Ada tujuh chakra dalam tubuh manusia, yaitu:
1. Chakra Muladara (dasar); elemen bumi.
2. Chakra Svadhisthana (sacral); elemen air.
2. Chakra Manipura (solar plexus); elemen api.
4. Chakra Anahata (jantung); elemen udara.
5. Chakra Visuddhi (tnggorokan); elemen suara.
6. Chakra Ajna (mata ketiga); elemen cahaya.
7. Chakra sahasrara (ubun-ubun/mahkota); elemen kesadaran.
Seluruh chakra tersebut mempengaruhi tubuh kita, baik secara fisik maupun mental.
Sebagian chakra di tubuh kita biasanya terbuka, namun sebagian terlalu aktif bahkan nyaris tertutup. Jika chakra tidak seimbang, maka kedamaian dalam diri tidak bisa kira rasakan.

Untuk menyeimbangkan chakra-chakra tersebut, ada satu metode, yakni self-healing (penyembuhan diri). Proses ini melibatkan intergrasi pola fisik, perilaku, mental-emosional dan spiritual.
Dalam Chakra Dance (Karmarati Style) yang dipandu oleh Thelma Wuisan, keseluruhan elemen bioenergy tersebut kita rasakan keberadaan dan peranannya di dalam tubuh. Melalui gerakan tarian yang mengikuti irama music tertentu untuk tiap-tiap chakra, kita berusaha merasakan kembali keberadaaan energy tersebut. Seluruh peserta diharapkan untuk meningkatkan kesadaran (awareness), melalui tiap gerakan yang dilakukan. Gerakan tarian ini bebas, tidak ada aturan baku. Peserta bisa menggerakkan tangan, kaki, pinggul, ataupun leher. Bisa bergerak pelan atau cepat. Bisa berjalan hingga berlari. Bahkan diperkenankan untuk melakukan pose yoga.

Elemen-elemen bioenergy dalam Chakra dance ini akan mengarahkan tubuh dan pikiran sehingga bisa berfungsi dengan optimal. Sehingga dapat melepaskan belenggu mental dan emosional yang ada di dalam diri manusia. Dengan demikian, akan meningkatkan rasa cinta dan penerimaan terhadap diri sendiri. “This is where the healing begins,’ tulis Thelma pada akhir sesi Chakra dance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *