Christophorus Ferry: “Jadikan Yoga Bagian Hidup, Bukan Tujuan Hidup”

Pemilik akun Instagram @christophorusferry ini mulai mengenal yoga sejak memasuki sebuah pusat kebugaran (gym) di sekitar tempat tinggalnya di Bumi Serpong Damai.

“Setelah masuk kelas yoga, saya kemudian mulai merasakan kekuatan tubuh saya bertambah,” ungkap Chris.

Akan membawakan kelas bertema “Stand in your Goodness Power”, pria kelahiran Pontianak ini mengaku dirinya beryoga demi “lebih mengenal apa yang dibutuhkan diri sendiri terlebih dahulu”.

Dalam belajar yoga, Chris memiliki seorang guru yoga yang paling diingat dan paling inspiratif. “Guru pertama saya, Fernando, ialah orang yang paling mendukung saya di setiap latihan dan menyarankan saya untuk ikut teacher training,” tuturnya. Selain itu, Master Slamet yang menjadi “kepala sekolah”-nya pada saat teacher training.

Saat mengajar, ia berupaya untuk jujur pada diri sendiri. “Karena menurut saya, guru yoga yang baik ialah yang berani jujur pada dirinya sendiri saat ia mengajar di depan.”

Pengalaman mengajar perdana Chris penuh ketegangan. “Saya masih ‘demam panggung’ sehingga sering salah memberikan instruksi bahkan sampai lupa gerakan,” aku Chris apa adanya.

Ditanya mengenai jenis asana yoga yang membuatnya harus lebih bersabar ialah melipat badan ke belakang (back bend) dan melipat badan ke depan (forward bend). “Saya memiliki problem skoliosis sehingga harus lebih berhati-hati,” ujarnya. Di samping itu, ia juga memiliki masalah di salah satu otot kedua kakinya. Itulah yang membuatnya terkendala saat melipat badan ke muka.

Kini Chris sering mengajar di sekitar kawasan Karawaci, Bumi Serpong Damai, dan Gading Serpong, baik untuk kelas-kelas private dan di pusat kebugaran modern. Dan meskipun sibuk berbagi ilmu, Chris tidak begitu saja melupakan latihan pribadinya. “Saya bisa mengikuti kelas hanya bisa sepanjang akhir pekan atau weekend. Namun, di rumah saya berlatih saban hari, terutama setelah bangun di pagi hari dan juga berlatih ringan sebelum saya istirahat di malam hari.” (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *