Detoks yoga – Dr. Puru

Dr PuruJika mendengar kata ‘detoks’ kita teringat akan racun. Racun yang ada di dalam tubuh kita dan yang paling sulitdi keluarkan berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, yaitu yang mengandungbahan pengawet, logamberat, bahan kimiaw, pewarna buatan, dll. Semakin gelap kotoran kita, berarti semakin banyak racun yang terkandung di dalamnya, begitu pun dengan warna urin, semakin gelap dan keruh, semakin buruk kondisi kesehatan kita.

Di kelas ini kita belajar bagaimana cara mengeluarkan racun dalam tubuh melalui yoga. Detoks oleh Dr. Puru dikombinasikan dengan gerakan yoga karena untuk detoks dibutuhkan kelenturan tubuh. Jika kita tidak berolahraga, racun sulit dibuang dan dapat menumpuk di otot dan persendian. Yoga dapat memperlancar proses detoks yang akan dikeluarkan melalui urin, feses dan keringat.

Tujuan detoks yoga ini adalah agar tubuh menjadi sehat, bugar, bersih dari racun dan kita pun menjadi langsing. Ada tiga macam tahapan yoga yang diajarkan, yaitu yoga tawa, pranayama dan meditasi.Kelas dimulai dengan yoga tawa atau laughing yoga yang berfungsi untuk melepaskan ketegangan dan stres.Kemudian, dilanjutkan dengan vinyasa flow yang cukup membuat para peserta berpeluh.

Untuk detoks, kita ingin mengeluarkan urin yang jernih, sejernih air yang kita minum. Pertama-tama, kita harus minum1 liter air hangat yang dicampur dengan dua sendo kmakan garam plus diet sehat yang mengandung sayur dan buah. Kemudian, kita melakukan 5 macam gerakan yoga yangberfokus pada twisting dan inversion. Dengan gerakan-gerakan  ini, kita memijat organ dalam terutama bagian abdomen dan kandung kemih,  mendorong pembuangan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

Selain sehat dan langsing, kita juga ingin awet muda. Usia tubuh kita belum tentu sama dengan usia kebugaran kita. Dengan detoks yoga secara rutin, kita dapat mencapai usia kebugaran yang lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya. Siapa yang tidak mau menjadi sepuluh bahkan dua puluh tahun lebih muda. Anda? (Rhani Pribadi)

Yogfest Yoga Gembira Festival 2015
25 April 2015

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *