Diani Syahdin: Sehat dan Bahagia dengan Yoga

Diani Syahdin atau yang akrab disapa Diani mulai mengenal yoga sekitar tahun 2010. Dan saat pertama beryoga itulah ia sudah mulai merasakan perubahan positif di tubuhnya. “Saya menjadi lebih sehat dan kuat,” tutur praktisi yoga yang mengaku menyukai semua asana ini pada yogagembira.com.

Dengan berbekal pengalaman positifnya saat menjajal yoga, Diani pun memutuskan untuk terus menekuni yoga. Ia bahkan belajar banyak soal yoga dari Dicky “Shifu” Sulistio yang telah malang melintang mengajar yoga di sejumlah tempat, demikian ungkap perempuan yang menganggap guru yang ideal mestinya seorang pribadi yang tak pelit berbagi ilmu.

Kini banyak mengajar kelas bergaya Hatha Flow atau Easy Vinyasa Flow, Diani menyukai jenis Hatha Yoga dan mempraktikkannya di sela aktivitas sehari-hari. Ia mengakui selalu menyempatkan dirinya berlatih sekitar 20-30 menit saban hari.

Diani berupaya untuk mengintegrasikan yoga yang ia pelajari ke dalam kehidupan sehari-harinya yang dipenuhi berbagai tugas dan peran baik di rumah tangga dan di masyarakat. Semua itu ia lakukan agar tercapai keseimbangan dalam hidup, ucapnya.

“Saya pertama mengajar teman-teman dekat karena mereka malas ke studio yoga atau pusat kebugaran,” ujar Diani yang gemar melahap buku ini soal pengalaman pertamanya mengajar yoga di kelas-kelas privat. Tak heran kini ia memiliki sejumlah grup privat yoga sendiri.

Saat ditanya aspek yoga yang menurutnya paling menarik selain asana, pengajar yang meyakini pentingnya aspek ahimsa, disiplin dan keseimbangan dalam kelas-kelas yoganya ini menjawab: “Belajar untuk tidak mencederai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar (ahimsa).”

Selain itu, ia juga sangat tertarik dengan konsep “union” dalam yoga yang bisa diaplikasikan ke berbagai aspek kehidupan. “Penyatuan atau union ini ada dalam diri kita, yakni ‘mind, body and soul’. Penyatuan ini juga bisa dilihat sebagai kesatuan kita dengan keluarga, dengan alam semesta, dan lain-lain,” kata yogini Bekasi yang mengajar di Rimba Baca dan Studio Nujuh Bulan ini memungkasi wawancara.

Jangan lewatkan kelasnya “Be Strong and Happy” di Komunitas Yoga Gembira! (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *