Dionisius Henry Ajak Kembali ke Dasar di Kelas Y4FIT

dionisiusSebagian dari kita mengikuti kelas yoga atau mencoba yoga sendiri di rumah berawal dari keingintahuan bagaimana bisa melakukan pose-pose sulit dan menantang yang pernah kita lihat di berbagai media sosial. Memang tidak ada yang melarang. Sah-sah saja untuk memulai latihan yoga hanya karena ingin bisa melakukan suatu pose tertentu. Namun, sayangnya tekad yang tinggi di awal itu bisa mengendur hanya karena kurang sabar dalam berlatih. Misalnya, seseorang yang ingin melakukan pose burung (bakasana) ingin serta merta berhasil saat mencoba pertama kali dan begitu gagal mencoba, ia memvonis bahwa yoga itu sulit.

Padahal hal itu bisa dihindari jika seseorang mau sedikit bersabar dengan melakukan pemanasan dan persiapan yang tepat. Tujuannya agar tubuh menjadi lebih siap dalam melakukan pose yang lebih menantang. Demikian kata Dionisius Henry, yang dalam Yoga Gembira Festival 2014 mengajar kelas Y4FIT (Yoga for Fitness) di hari pertama.

“Saya mengajarkan teknik persiapan dasar untuk bisa melakukan pose-pose menantang seperti asana-asana jenis arm balance (keseimbangan dengan tumpuan tangan) dan inversion (terbalik) dengan lebih mudah. Dengan melakukan pose-pose persiapan itu, ujar Henry, seseorang yang tadinya merasa kesulitan bisa melakukan pose yang lebih menantang dengan lebih mudah. Itulah manfaat pemanasan dan persiapan yang lebih matang dalam beryoga. Katakanlah seseorang yang ingin mencoba pose bakasana akan diajarkan bagaimana mempersiapkan badan agar lebih baik dalam melakukan bakasana setelahnya dengan mengangkat satu kaki dulu dengan menumpukan berat badan ke telapak tangan.

Ia mencontohkan lagi bagaimana jika seseorang belum bisa melakukan lompatan ala Ashtanga dari downward facing dog menuju ke depan dan sebaliknya dari forward fold ke belakang. Bagi yang belum pernah melakukan yoga, gerakan melompat ke belakang dan ke depan dengan tumpuan tangan itu sangat menantang. Persiapannya adalah dengan melangkah dulu tetapi 2 telapak tangan tetap di lantai. Tidak perlu langsung meloncat.

Pendekatan ini sesuai bagi Anda yang menyukai belajar dan berlatih yoga secara bertahap, tanpa harus terburu-buru. (Akhlis/foto:David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *