Dionisius Henry Bagi Ilmu Refleksi di Rumah

IMG_20140420_130524Setiap kali badan terasa pegal, maunya panggil tukang pijat atau minimal pergi ke tempat pijat refleksi. Biaya yang dikeluarkan antara 50-300 ribu, tergantung jenis layanan dan juga tempatnya. Padahal Anda bisa melakukan sendiri pijat tersebut, memulihkan diri Anda dengan tangan sendiri.

Dionisius Henry, seorang pengajar Yoga asal Jakarta berbagi ilmu refleksi sendiri di rumah. “Ada bagian tubuh yang namanya fasia. Itu seperti lapisan putih di daging merah. Kayak kaus kaki yang membungkus badan kita.” Ujar Henry di Yoga Gembira Festival, Taman Menteng, Jakarta. Fasia ini yang kaku, tidak fleksibel, dan membuat tubuh letih dan tegang.

Lantas apa sih yang membuat si fasia ini menegang. “Stress. Tidak ada badan orang yang kaku, tetapi pikiran stress..” jawab Henry. Fasia tadi sensitif terhadap tekanan atau stress, jika sudah dilanda stress, maka dia akan menegang. Penyebab lainnya adalah kurang bergerak, kecelakaan fisik dan penyakit, namun pada umumnya ya stress tadi.

Fasia bisa dilatih menjadi lebih lentur layaknya otot. Ya, otot kita bisa meregang sampai batas tertentu asal terus dilatih. “Kita bisa lakukan sendiri dengan memberikan tekanan, pressure untuk melenturkan fasia.” Sebut Henry.

Dia mencontohkan wilayah betis, tepat di belakang tulang betis ada titik yang bisa ditekan dengan kedua jempol tangan untuk meredakan stress atau ketegangan disana. Ada juga titik di paha, yang cukup ditekan dengan tangan, seperti pose pigeon dalam yoga, namun bagian bawah tangan menekan paha atas.

Tekanan tersebut dilakukan secara berulang dalam jangka waktu tertentu. Misalnya tiga putaran selama masing-masing satu menit. Dengan begitu, otot dan fusia lebih terlatih dan juga mengendur.

Jadi, siapa bilang setiap kali pegal harus ke tukang pijit atau refleksi? Asal Anda tahu titik yang benar, dan menekannya dengan tepat, maka semua pegal-pegal bisa teratasi. (Johana/ foto: Andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *