Elis Lisnawati: Lebih Tenang dan Terkendali Berkat Yoga

Fokus mengajar dengan gaya Vinyasa Flow Yoga, Elis Lisnawati meyakini bahwa Yoga merupakan suatu proses olah batin atau perjalanan spiritual yang membawa diri kita pada suasana hati yang tenteram. “Ia merupakan refleksi mengenai harmoni suasana batin kita yang tenang dengan alam sekitar, terang perempuan penyuka kegiatan melancong (traveling) ini pada YogaGembira.com.
Pemilik akun Instagram @yogini.ellisa ini menceritakan bagaimana juga ia mengenal yoga untuk kali pertama. “Saya kenal yoga sejak tahun 2015 di sebuah pusat kebugaran. Lalu saya mengikuti pendidikan pelatihan mengajar yoga di Indonesia Yoga School,” ucap instruktur yoga yang memiliki tujuan beryoga yang mencakup penguatan otot, tulang, sendi, dan organ-organ vital serta memperbaiki postur dan kelenturan tubuh.
Memiliki Yenny Christine sebagai sosok guru panutan, ia mengatakan bahwa seorang guru yoga ialah sosok yang mampu menjelaskan asana-asana yoga dengan baik sehingga para muridnya bisa memahami, selalu menginspirasi dan memberikan manfaat-manfaat dari yoga itu sendiri.
Sejumlah manfaat yang ia rasakan dari latihan yoganya ialah meningkatnya fleksibilitas tubuhnya. “Tidur lebih nyenyak, ketenangan jiwa, emosi lebih terkontrol,” terang pengajar yang mengaku dirinya berlatih setiap hari, yakni saat pagi dan sore.
Ditanya mengenai jenis asana yang paling ia sukai untuk latih, ia menjawab backbend. “Itu karena gerakan backbend memperbaiki postur tubuh saya yang dulu sering bungkuk,” tegasnya. Namun, ia tidak memiliki asana yang dihindari bahkan yang ia belum bisa lakukan karena menyukai tantangan.
Elis mengintegrasikan nilai dan ajaran yoga yang ia pelajari ke dalam kehidupan sehari-harinya dengan menerima kekurangan atau kelebihan diri sendiri, mengontrol jiwa dan pikiran. Semua ini pada intinya tercakup dalam prinsip ahimsa dalam Yoga. (*/ Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *