Fitri Jamil: Kenali Diri dan Tuhan dengan Yoga

Menyaksikan instruktur yoga satu ini menjalani kehidupannya sekarang sebagai yogini membuat kita tidak bisa membayangkan bahwa dulu ia bergelut dengan stres setiap saat. “Dulu saya bekerja di sebuah perusahaan asing sebagai Office Manager dan menangani 24 proyek pembangunan jalan jembatan. Pekerjaan saya sangat penuh tekanan,” ungkap Fitri Jamil pada YogaGembira.com melalui wawancara via email. Kemudian ia mencari olahraga yang bisa menenangkan pikiran dan sekaligus menyehatkan tubuh. Di internet, ia membaca mengenai yoga dan manfaatnya. Begitulah ia pertama kali tertarik untuk mendalami yoga. Seiring perjalanannya belajar yoga, ia berhasil menemukan ketenangan tersebut dan kemudian ia menemukan tujuannya yang utama: lebih mengenal diri dan lebih sehat serta memiliki jiwa, pikiran dan tubuh yang tenang.

Untuk memenuhi keingintahuannya mengenai yoga, Fitri yang mengaku saban hari berlatih yoga ini berguru pada sejumlah praktisi yoga berpengalaman baik di skala nasional dan internasional. Ia menyebut beberapa nama seperti Guru Made Sumantra, Denise Payne, Kino MacGregor, I Wayan Bagus dan Renti Sibarani sebagai sosok-sosok yang mempengaruhi dirinya selama ini. Guru-guru inilah yang baginya mampu menerapkan ajaran dan nilai yoga dalam kehidupan sehari-hari mereka dan mampu memotivasi serta mentransfer ilmunya sesuai porsi dan kebutuhan yang menerima ilmu (murid).

Banyak sekali hal yang ia temukan dalam yoga dan membuatnya tertarik. “Tidak bisa saya sebutkan satu satu tapi yang paling bisa mewakili adalah dengan yoga saya lebih bisa mengenali diri saya dan dengan mengenali diri saya maka saya bisa lebih mengenal Tuhan,” tegasnya.

Penyuka headstand dan backbend ini sendiri mengatakan dirinya juga tengah belajar untuk mengintegrasikan yoga yang sudah ia pelajari dalam kehidupannya. “Setiap tindak-tanduk kita sehari-hari adalah yoga. Apa yang kita lakukan di atas matras itu hanya latihan kecil. Praktik sebenarnya adalah pada saat kita beraktivitas sehari-hari,” terang perempuan kutu buku yang juga penggemar kegiatan air di luar ruangan semacam scuba diving, snorkeling, dan renang.

Saat ditanya mengenai bagaimana gayanya saat mengajar, Fitri mengaku dengan jujur bahwa dirinya tidak bisa menggambarkan dengan tepat. “Hanya saja orang pernah bilang saya bisa memotivasi orang bahkan ketika mereka tidak percaya dengan dirinya sendiri,” pungkas instruktur yang kini sibuk mengajar di sebuah kedutaan asing dan sejumlah gym dan studio yoga di kawasan Jakarta Selatan dan Pusat itu. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *