Flexibility 101: Decky Karunia Bagikan Trik Lebih Lentur, Minim Cedera

IMG_7220Dalam kelas yang bertema Flexibility 101 ini, Decky Karunia ingin memfokuskan latihan yoga pada aspek kelenturan yang menjadi dambaan banyak orang yang berlatih yoga. Namun, apakah makin lentur itu artinya selalu makin baik dan sehat? Dan pose-pose apakah yang bisa dilakukan agar sendi-sendi dan otot-otot makin lentur sesuai batas kemampuan masing-masing orang? Decky mengupas secara singkat seluk beluk fleksibilitas di sini.

Menurutnya, ada 4 tipe tubuh dalam kelas yoga:

1. Kuat tetapi kurang fleksibel
2. Fleksibel tetapi kurang kuat
3. Fleksibel dan kuat
4. Kurang lentur dan kurang kuat

Sementara itu, fleksibilitas seseorang ditentukan oleh :
1. Otot : Mereka yang berotot lebih panjang, dapat dikatakan biasanya lebih lentur.
2. Persendian : Bagi yang bersendi lebih longgar, peluang untuk mencapai kelenturan lebih tinggi.
3. Kulit: Tidak banyak berkontribusi tetapi juga berperan dalam menentukan felksibilitas badan seseorang.

Menurut Decky, fleksibilitas penting untuk dipelajari dengan benar karena dalam yoga, fleksibilitas badan sering disalahgunakan, karena orang-orang yang terlalu lentur (over flexible) sering kehilangan awareness sehingga tidak bisa merasakan hal-hal yang terjadi di luar dari kemampuan tubuhnya. Risiko cedera akhirnya bisa timbul jika tiadanya kesadaran tersebut.

Orang yang kaku lebih aman dalam beryoga dibandingkan dengan yang over flexible, karena mereka yang memiliki badan yang kaku (stiff) justru lebih tahu kapan harus berhenti saat tubuhnya merasa sakit atau kurang nyaman. (arifah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *