Gandeng Wanda Hamidah, Yoga Gembira Gelar Kelas Amal untuk “Komunitas Bingkai Jalanan”

Pada hari Minggu, tanggal 9 Februari 2020 yang lalu, bertempat di taman Menteng Komunitas Yoga Gembira berkesempatan untuk menggelar kelas komunitas spesial bersama selebriti sekaligus politisi Wanda Hamidah. Kelas ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan bantuan finansial untuk sekolah yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang beruntung, Komunitas Bingkai Jalanan.

Didukung dengan cuaca yang relatif bersahabat setelah sehari sebelumnya penuh guyuran hujan, kelas yoga bertema “Sunrise Yoga” bersama Wanda berlangsung lancar dan meriah dari awal hingga akhir. Sebanyak kurang lebih 120 orang menghadiri kelas tersebut dan berdonasi secara sukarela.

Shalimar Hakim, salah satu putri Wanda yang terlibat sebagai aktivis di sekolah tersebut, mengatakan bahwa dirinya tertarik untuk bersumbangsih pada Komunitas Bingkai Jalanan karena misinya yang mulia.

Berlokasi di belakang Kolam Renang GOR Senen, Komunitas ini didirikan pada Desember 2012 oleh Hestiana Kiftia Sari dan Natalia Mailake dengan misi untuk memberantas buta aksara (iliterasi) dan sebagai
Cara untuk bersumbangsih secara nyata pada masyarakat yang termarjinalisasi terutama anak-anak usia sekolah dasar hingga menengah (usia 5 sampai 16 tahun) di bilangan Senen dan Kemayoran setelah keterlibatan mereka dalam penyelesaian penelitian karya ilmiah keduanya.

“Rata-rata anak-anak yang kami terima bersekolah ialah mereka yang bekerja sebagai pemulung, pengamen, buruh pasar dan membantu orang tua mereka berjualan,” terang Amel, seorang aktivis di sekolah tersebut.

Jika Anda berminat untuk bersumbangsih lewat cara mengajar di sana, silakan menghubungi komunitas ini melalui pesan langsung Instagram. Apa syaratnya? “Siapa saja bisa mengajar di sekolah kami. Cukup menghubungi kami untuk bisa disesuaikan jumlah pengajar tamunya. Materi yang diajarkan bisa berupa Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS,” tuturnya.

Kegiatan belajar mengajar khusus mengaji berlangsung setiap Kamis dari pukul 19.00 hingga 20.00. “Waktu ini bisa disesuaikan seuai jam kerja tenaga pengajar sukarela yang ada,” imbuhnya. Selain Kamis, jam belajar juga ada di hari Sabtu dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 12.00.

Adapun jumlah donasi yang terkumpul setelah kelas yoga dan disalurkan langsung ke Komunitas tersebut dalam wujud bantuan keuangan tersebut berjumlah Rp 2.122.000,- Donasi ini diharapkan dapat digunakan untuk memperlancar jalannya kegiatan belajar mengajar agar anak-anak yang belajar di Komunitas Bingkai Jalanan untuk terus menuntut ilmu. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *