Garuda Namaskara

Setelah rehat salat Jumat, Yogfest hari pertama tanggal 24 April 2015 kembali menggelar kelas di Arena Dua. Terima kasih sebelumnya pada Sang Pencipta yang telah memberikan udara yang berangin pada siang hari ini sehingga tidak terlalu membuat kelas menjadi panas dan gerah melainkan sedikit sejuk karena angin berembus cukup kencang. Decky mulai memperkenalkan bahwa pada hari ini akan memberikan gerakan Vinyasa Flow. Peserta diminta mengikuti gerakannya yang mengalir, apabila tidak sanggup cukup lakukan child pose, jangan memaksakan diri.

Decky berbagi tentang Hatta Yoga yang lebih bersifat general sequence, ada standing pose, vinyasa, beckbend, arm balance, hip openner tanpa inversion. Semua latihan yoga pasti berfungsi untuk mengaktifkan chakra tertentu tetapi latihan kali ini tidak spesifik mengaktifkan chakra melainkan lebih bersifat menyehatkan fungsi tubuh seperti melakukan beckbend yang baik dan aman, trik-trik melakukan arm balance yang baik supaya lebih menyenangkan, standing pose-nya lebih baik, lebih cepat memanaskan tubuh, sun salutation yang variatif agar tidak terasa bosan. Semua pose yang diajarkan Decky semua 90% pose dasar yang dilakukan kelas Yoga biasa dan ada beberapa pose Yoga yang kurang populer. Semua dilakukan secara setahap demi setahap, baik level dasar, menengah maupun mahir sesuai dengan kemampuan tubuh masing masing.

Decky memberikan arahan yang sangat pas dengan transisi dari satu pose ke pose lainnya sehingga pada pose astravakrasana saya bisa menaikan bokong saya sedikit walaupun hanya bertahan beberapa detik saja, kemungkinan karena melakukan pemanasan dan peregangan dengan benar. Salah satu peserta, Rini dari Jakarta, mengatakan beuntung banget bisa ikut kelas Decky hari ini walaupun harus rela merasakan sakit dan pedas di hamstring tetapi akhirnya ia lebih menguasai pose yang tadinya tidak bisa ia lakukan.

Kelas Decky Jumat kali ini sangat pedas di hamstring tetapi kami semua menikmati sakitnya, menikmati pose walaupun dengan tangan bergetar, seru dan menyenangkan. Terima kasih.

Vera Mardiana melaporkan untuk siang hari ini dari Yogfest 2015.

Namaste.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *