Handa: Badan Linu Kalau Tidak Yoga

Bertua Handayani atau yang akrab dipanggil dengan Handa mulai mulai rutin berlatih yoga pada Agustus 2015. Saat itu ia mencobanya di gym dan langsung ‘falling in love‘. Pada Yogagembira.com, Handa membagikan pengalaman dan pandangannya. Selamat menyimak.

Bagaimana Handa bisa jatuh cinta pada yoga?

Alasannya sederhana. Bukan karena pose/asananya tapi karena guru yoganya humble banget dan suka kasih filosofi tentang kehidupan yang mengena di hati. Energi positifnya menular ke saya. Beliau namanya Evita. Entah sekarang beliau di mana. Tapi saya berterimakasih sekali karena beliau salah satu orang yang meaningful banget dalam perjalanan yoga saya.

Apakah tujuan paling utama dalam yoga?

Karena saya sudah dapat banyak sekali manfaat yoga, saya ingin orang lain juga merasakan manfaat yang sama seperti yang saya rasakan. Buat saya hidup bermanfaat buat orang lain itu tidak perlu muluk-muluk, Mulai saja dari sesuatu yang kita sukai.

Siapa guru yoga yang paling diingat dan inspiratif sampai sekarang?

Yang pertama Evita, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya. Lalu coach Hendri, beliau encourage saya banget untuk menjadi pribadi yang makin baik. Beliau humble & kind hearted, karma yoga nya oke. Beliau ini pendiri salah satu komunitas yoga di Jakarta, namanya Sunday Karma Yoga.

Manfaat apa yang pertama Anda rasakan setelah pertama kali dulu mulai beryoga?

Pikiran lebih tenang dan jiwa lebih damai, insomnia hilang, tidak pernah sakit perut lagi saat mens, napas lebih nyaman karena sehari-hari ujjayi breathingnya saya terapkan.

Menurut Anda, guru yoga yang ideal itu seperti apa?

Pada dasarnya semua guru yoga ideal kalau menurut saya. Karena kita sama-sama belajar 8 limbs ashtanga yoga. Jadikan itu sebagai filosofi dalam mengajar yoga.

Jenis yoga yang bagaimana yang paling Anda sukai? Dan kenapa?

Paling suka yoga yang unsur body, mind & soul- nya seimbang. Tidak cuman sekedar asana melulu tapi juga filosofinya harus dapat.

Bagaimana dan sesering apa Anda yoga?

Hampir tiap hari, walaupun sibuk, minimal 10 menit surya namaskar diusahakan karena badan rasanya ngilu kalau tidak yoga.

Asana apa yang paling Anda sukai dan tidak sukai di kelas yoga dan kenapa?

Karena dasarnya badan saya cenderung fleksibel, saya suka sama asana-asana fleksibilitas. Tapi asana-asana yang lain pun tetap dilatih. Asana yoga buat tiap orang tidak berlaku mutlak karena tubuh masing-masing orang berbeda. Harus bisa challenge diri kita tidak boleh manja tapi ada saat kita juga harus menghormati keterbatasan tubuh kita, tidak boleh sampi memaksakan (ahimsa).

Bagaimana yoga Anda integrasikan dalam kehidupan sehari-hari?

Menurut saya, seorang yogi/yogini itu pasti aware kalau tubuh saja belum cukup untuk dijadikan sehat. Harus seimbang dengan kesehatan jiwa dan pikiran. Dan mestinya tercermin dari kehidupan kita sehari-hari, menularkan energi positif dan menjadi pribadi yang humble.

Apa hobi di waktu luang selain yoga dan olahraga?

Membaca buku sama travelling ke pantai.

Teacher Training apa saja yang sudah Anda ikuti?

Saya ikut TT 30hours KAPHA yoga dan 200hours KAPHA yoga di Indonesia Yoga School.

Bagaimana tanggapan Anda jika ada orang yang menolak yoga karena dianggap lekat dengan ritual kepercayaan tertentu?

Masing-masing orang punya idealismenya sendiri. Yang penting tidak saling judging dan saling menghargai aja. Kalau saya sendiri lihat yoga lebih ke aspek olahraga dan latihan pernapasan yang manfaatnya baik utk kesehatan tubuh. Lebih jauhnya lagi the world would be a better place andaikan semua orang menjalankan 2 saja dari 8 astanga yoga yaitu yama & niyama.

Bisa diceritakan sekilas, bagaimanakah pengalaman pertama mengajar Anda?

Waktu itu pertama mengajar yoga ke reka-rekan2 kantor dan membawa sticky notes buat contekan sequence.

Apa yang menurut Anda paling menarik dari aspek filosofi/ non-asana dalam yoga?

Filosofi karma yoga; bagaimana kita bisa share something untuk orang lain dan bermanfaat untuk orang banyak.

Bagaimana Anda menggambarkan gaya mengajar Anda?

Saat ini tidak punya style khusus yang saklek. Biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan klien. Kalau selama ini saya lihat yang masih muda lebih suka vinyasa, yg bikin heart rate cepat naik. Kalau yang sudah senior biasanya lebih suka asana-asana yang bisa membantu mengurangi pegal, release stress dan mengurangi insomnia.

Apakah aspek yoga yang paling menarik bagi Anda?

Konsep mind, body dan soul. Yoga itu olahraga yang lengkap, tidak cuma sekedar utuk kesehatan tubuh, tapi juga pikiran dan jiwa. Selain itu juga bisa dipraktekkan oleh semua kalangan dan segala umur mulai anak-anak sampai lansia.

Di mana dan kapan Anda rutin mengajar yoga?

Saya mengajarsesi  private di daerah Setiabudi dan perkantoran daerah Thamrin & Sudirman. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *