Hanif Kamal; Yoga Menjaga Postur Tubuh Saya

 

Shofiy Hanif Kamal lelaki berdarah Betawi yang biasa dipanggil Hanif Kamal ini adalah penyuka Otomotive, waktu luangnya Ia gunakan untuk mengajar Yoga pada sebuah pusat kebugaran di Jakarta.
Ia adalah lulusan sebuah sekolah Yoga Purinawa, Ia memulai perjalan Yoganya dari tahun 2013 sampai sekarang. Manfaat dari beryoga yang ia dapat menurutnya adalah postur tubuhnya tetap terjaga.
Hingga kini Ryan Purinawa dan Ray Subrata adalah guru yang menginspirasinya untuk terus berbagi ilmu kepada semua orang yang ingin berlatih yoga. Dalam mengajarkan yoga ia bersikap serius tetapi santai. Ia mengakui bahwa dengan terus membagikan ilmunya sama artinya dengan memberikan kebahagiaan kepada dirinya sendiri.
Dalam beryoga ia adalah penganut Hatha Yoga, karena menurutnya Hatha Yoga mewakili semua tehnik dalam beryoga. Ia melatih Yoga setiap hari untuk melatih sequence di kedua sisi tubuh agar keseimbangan tubuhnya terjaga, Ia juga mengintegrasikan Yoga dalam kesehariannya untuk lebih mengenal dirinya sendiri juga sekitarnya.
Ahimsa adalah sebuah ajaran non asana yang menjadi pedomannya dalam kehidupan.
Dari wawancara ini Dia mengaku sangat bangga dengan perkembangan Yoga di Jakarta saat ini karena sudah masuk ke berbagai kalangan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *