Healing Ourselves Healing The World

Jumat Pagi yang cerah dan berangin, saya bersyukur dapat ikut serta dalam acara Yogfest Day 1 Tanggal 24 April 2015 dikelas Capacitar yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang konsentrasi dan fokus pada napas. Misi Capasitar yaitu memberikan, mengajarkan pratek-pratek mengenai tubuh, pikiran, dan jiwa untuk memberdayakan pemulihan keutuhan perdamaian untuk individu dan sekitar masyarakat, Visinya fokus kepada pemulihan dan trauma atau transformasi pemulihan body, mind, soul.

Dimulai dengan meditasi duduk diam dan fokus pada pernapasan, pernapasan yang digunakan juga menggunakan Kapalabati (Pernapasan Mengembus Kuat) tekniknya tarik napas dalam dengan diagfragma dan buang napas cepat, menghasilkan bunyi hembus yan kuat. Kapalabati Pranayama bermanfaat untuk melatih otot-otot yang menyangga perut, jantung, dan hati. Teknik bernapas ini juga bermanfaat untuk meredakan stres dan membersihkan pikiran dari emosi negatif.

Kemudian diajarkan pula gerakan Taichi seperti menari tetapi menggunakan napas yang berguna juga untuk healing gerakannya cukup simple dapat dilakukan pada kegiatan sehari-hari. Sangat membantu sekali terutama bagi saya ikut kelas capacitar ini.

Lanjut dengan healing menggunakan energi dari tubuh dan napas dengan perantara tangan, salah satu peserta Nina dari Jakarta merasakan sangat senang dapat berkesempatan dihealing oleh saya dan Nina merasa lepas semua beban dan rileks.

Diberitahu juga 7 Cakra terpenting, 1 aura, dan terdapat 21 cakra yang terkecil diseluruh tubuh. 7 Cakra terpenting di dalam tubuh astral, yaitu terdiri dari :

  1. Chakra Pertama – Muladhara

Letak : Coccigeal plexus, tulang ekor, otot perinium ; Unsur : Bumi ; Warna : Merah, chakra ini mengenai stabilitas, rasa aman, Apabila tidak aktif akan menimbulkan rasa tidak pede. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi Chakra Muladhara semua postur berdiri dan keseimbangan dengan kaki, Postur menekuk kedepan dan Postur Restoratif.

  1. Chakra Kedua – Svadistana

Letak : Sacral Plexus, alat kelamin, pinggul, pinggang ; Unsur : Air ; Warna : Jingga, chakra ini mengenai kepuasan diri, hasrat,  Apabila tidak aktif akan menimbulkan rasa besalah. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi Chakra Svadistana semua postur melenturkan sendi pinggul, Postur Merenggangkan Kaki dan Menekuk kedepan.

  1. Chakra Ketiga – Manipura

Letak : Solar Plexus, Ulu hati ; Unsur : Api ; Warna : Kuning, chakra ini mengenai kekuatan dan kekuatan fisik, Apabila tidak aktif akan menimbulkan rasa malu. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi Chakra Manipura semua postur memuntir tulang punggung, postur navasana, posisi berdiri Virabhadrasana I, II, III.

  1. Chakra Keempat – Anahata

Letak : Cardiac Plexus, Jantung ; Unsur : Udara ; Warna : Hijau, chakra ini mengenai cinta, komitmen, sosial, dan persatuan, Apabila tidak aktif akan menimbulkan rasa sedih. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi Chakra Anahata semua postur membuka dada, posisi tangan Garudasana, namaste mudra, gomukhasana.

  1. Chakra Kelima – Visuddhi

Letak : Pharyngeal plexus, tenggorokan ; Unsur : Eter/Semesta ; Warna : Biru, chakra ini mengenai ekpresi diri, Apabila tidak aktif akan menimbulkan berbohong, gugup. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi Chakra Visuddhi postur bertumpu pada pundak, postur bajak, postur jembatan, postur ikan.

  1. Chakra Keenam – Ajna

Letak : Carotid plexus, dahi, pusat otak ; Unsur : Cahaya ; Warna : Indigo, chakra ini mengenai refleksi diri, intuisi, konsetrasi, Apabila tidak aktif akan menimbulkan Ilusi. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan enrgi Chakra Ajna postur anak, melakukan teknik visualisasi dan afirmasi saat melakukan asana, relaksasi, dan meditasi.

  1. Chakra Ketujuh – Sahasrara

Letak : Cerebral cortex, ubun-ubun ; Simbol : Bunga teratai dengan 1000 kelopak ; Warna : putih atau ungu, chakra ini mengenai edukasi diri, kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, kesadaran, spiritualitas. Gerakan Yoga yang menyeimbangkan energi di chakra Sahasrara sirsasana dan meditasi.

Demikian sekilas ulasan dari saya pada kelas Capacitar Healing oleh Mbak Watie Eshuis dan Team Capacitar untuk lebih lengkapnya dapat berkunjung ke website mereka www.capacitar.org (Vera Mardiana)

Namaste.

C360_2015-04-24-11-09-33-598_org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *