Healthy and Happy Shoulders- Martin Elianto

Tetap dengan ciri khas kelasnya yang sangat bertenaga dan enerjik, Martin Elianto kali ini di Arena 1 hari kedua YoGFest 2016 menghadirkan kelas power vinyasa dengan rangkaian-rangkaian gerakan yang dirangkai dengan segar. Rangkaian gerak yoga yang menurut Martin sebagai sebuah sesi yang “mellow” ini dikatakan sebagai kelas yang lengkap untuk melenturkan dan menguatkan sendi bahu dalam satu kelas yang sama.

Jika diamati secara cermat, Martin menggabungkan sejumlah gerakan dasar dalam khasana asana yoga untuk memberikan pengalaman baru bagi murid-muridnya. Misalnya ia menggabungkan posisi lengan gomukhasana dengan gerakan humble warrior, sebuah variasi yang baru. Kemudian ada warrior one dengan garudasana arms dan humble warrior dengan garudasana arms.

Screen Shot 2016-04-17 at 10.49.21

Pose puncak pincha mayurasana dipilih sebagai pose puncak di kelas yang cukup menguras tenaga ini. Tak cukup di situ, bagi mereka yang ingin mencoba lebih jauh, dipersilakan mencoba mengeksekusi pose yang lebih menantang lagi:hollow back. Dalam pose satu ini, selain kedua lengan yang kokoh sebagai penopang tubuh, peserta memerlukan kelihaian mengatur otot-otot di bagian perut dan pinggang belakang (lower back) dengan penuh kesadaran agar tidak cedera atau terjatuh.

Mengingat para peserta memiliki tingkat kemahiran bervariasi, Martin tidak memaksa semua peserta untuk dapat melakukannya dengan sempurna. Ia memilih untuk berkeliling kelas membantu mereka yang ingin mencoba pose keseimbangan dengan kedua lengan tersebut.

Memuntir tubuh dalam pose pigeon menjadi salah satu pose untuk menetralkan kembali ketegangan di otot-otot yang telah dipanaskan selama awal dan tengah kelas.

Kelas ini cocok untuk mereka yang menyukai kelas gaya vinyasa yang memeras keringat. Ditambah dengan cuaca yang cerah di hari Minggu pagi di Taman Menteng, pengalaman mengikuti ini makin terasa mengasyikkan karena memberikan tantangan-tantangan baru. (*Akhlis)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *