Sehat bersama Yoga Gembira

yogagembira_Ts

Program yoga gratis setiap Minggu pagi di Taman Suropati ini berawal dari keprihatinan Yudhi Widdyantoro tiga tahun lalu, ketika mencuat rumor yoga diharamkan MUI. Yudhi justru pantang menyerah untuk mengenalkan manfaat yoga kepada masyarakat luas.

“Saat itu, orang takut beryoga karena dianggap haram. Saya ingin mengubah pandangan bahwa yoga tidak mengarah pada agama tertentu. Selain itu, masih banyak orang menganggap yoga itu eksklusif dan mahal, padahal tidak demikian,” ujar Yudhi.

Bersama beberapa teman, Yudhi lantas menggagas Yoga Gembira. Yudhi sengaja memanfaatkan ruang publik di Taman Suropati agar semua kalangan bisa bergabung dan merasakan manfaat yoga. Ia berpendapat, memanfaatkan ruang publik secara tidak langsung berarti mempertahankan kelangsungannya.

Awalnya Yudhi hanya mengajak teman-temannya untuk berlatih yoga bersama di Museum Kebangkitan Nasional, di daerah Senen. Setelah itu, kegiatan yoga tanpa dipungut biaya seperti halnya di studio yoga privat ini, menyebar melalui SMS atau dari mulut ke mulut. Satu tahun terakhir, Yoga Gembira mulai menetap di Taman Suropati.

Yudhi menerangkan, ia tidak pernah memberi istilah tertentu pada yoga yang diajarkan. “Saya tidak mengajarkan gaya yoga tertentu, yang saya ajarkan adalah latihan kaki, pernapasan, dan meditasi, tanpa menyebutkan satu aliran tertentu,” tuturnya.

Saat ini, peserta yoga mencapai lebih dari 25 orang, terdiri dari wanita, pria, remaja, hingga anak-anak. Ada pula yang datang sekeluarga. Peserta yang mengikuti Yoga Gembira ini tidak dipungut biaya, namun mereka bisa menyumbangkan donasi sukarela yang nantinya dipakai untuk keperluan peserta juga.

“Dana itu dipakai untuk makan siang bersama supaya mendekatkan peserta satu sama lain. Pernah juga donasi yang mereka kumpulkan digunakan untuk tujuan amal. Misalnya, saat gempa Jepang kemarin, kami mengumpulkan donasi yang disalurkan melalui PMI untuk membantu korban gempa di Jepang,” jelasnya.

One response to “Sehat bersama Yoga Gembira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *