Johan Julianto: “Yoga Bukan Asal Gerak”

Semua orang memiliki cerita sendiri mengenai bagaimana mereka sampai berkenalan dengan Yoga. Bagi Johan Julianto, semuanya bermula saat di tahun 2015 lalu. Saat itu ia baru saja bergabung dengan sebuah pusat kebugaran.

“Saya mencoba semua kelas yang ditawarkan di sana. Tapi ketika saya menemukan kelas yang sangat cocok untuk saya, yaitu kelas yoga,” kenang pria yang mengaku setiap hari kini mengajar kelas yoga di Jakarta dan Tangerang tersebut pada YogaGembira.com.

Alasan ia tertarik dengan yoga tak lain ialah karena setiap gerakan yoga “membuat saya lebih mengenal tubuh dan jiwa saya sendiri.” Dan pernyataannya tersebut mungkin diamini banyak orang yang kini rajin berlatih yoga.

Johan yang mengaku dirinya belajar banyak dari sosok guru inspiratif bernama Stephanus Kapha Ashtanga RYT ini mengatakan manfaat besar lainnya yang ia tuai dari latihan yoganya yakni pikiran dan jiwanya terasa lebih tenang dan damai. Karena merasa damai itulah, istirahat malam pun menjadi pulas sehingga lebih berkualitas.

Johan tertarik dengan fungsi dan manfaat tiap asana yoga. “Yang paling menarik ialah mempelajari berbagai fungsi serta faedah dari setiap asana yang kita lakukan bagi kesehatan tubuh ini. Jadi, dalam yoga kita tidak asal bergerak.”

Setelah beberapa lama terbiasa mengajar yoga, Johan mengakui bahwa pengalaman pertamanya mengajar tidaklah semulus yang ia bayangkan. “Gugup, grogi, deg deg an dan kacau balau,” ungkap penyuka semua asana kecuali hip-opening secara jujur.

Saat mengajar, Johan berusaha untuk menyuguhkan flow dan cueing yang tepat. Alasannya agar para member bisa merasakan gerakan dan otot yang dikerjakan.

Sebagai pengajar yoga, Johan juga berupaya mengintegrasikan yoga yang ia pelajari di luar mat. “Saya lebih kesadaran diri, pada saat berjalan, tidak terlalu bungkuk maupun terlalu menekan di lumbar, atau bertompang di salah satu pinggul, kemudian tahu cara counterpose untuk meminimalisirkan risiko cedera,” tutur penggemar aktivitas mengobrol, membaca novel, dan menonton film bioskop ini. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *