Ketenangan di Yoga Nidra Bersama Stefano Notarbartolo

Siang itu, di Arena 2 Yoga Festival 2015, semua peserta dalam posisi telentang dan memejamkan. Mereka bukan sedang tidur siang, melainkan mengikuti Yoga Nidra dengan instruktur Stefano Notarbartolo. Mengapa yoga ini selalu dalam posisi tidur? Yoga Nidra memang berarti “yoga tidur”.

Selama satu jam, Stefano mengajak sekitar 20 peserta tetap dalam keadaan sadar meski dengan posisi tidur. Stefano meminta peserta membawa alam sadar mulai dari ujung kepala, turun ke dahi, ke ujung jari-jari tangan, hingga kaki.

JpegUntuk menjaga peserta tetap fokus, peserta diminta menghitung mundur dari angka 50. Meski dalam posisi telentang, bukan berarti peserta akan mudah tertidur saat melakukan yoga nidra. Stefano yang belajar yoga hingga ke India itu selalu mengajak peserta untuk berkonsentrasi.

Tubuh dan pikiran kita yang selama ini sibuk menjalani kehidupan seolah diajak untuk beristirahat sejenak. Menjadi rileks dari segi fisik dan mental.

Dalam mengajar yoga nidra kali ini, Stefano juga tak pernah lepas menggenggam buku Swami Satyananda Saraswati dari India. Stefano membawa suasana sangat tenang selama yoga nidra.

Agus Yudiana, salah satu peserta yoga mengaku bisa merasa lebih tenang dengan mengikuti yoga nidra.

“Sebenarnya efeknya sama saja kayak meditasi. Tapi ini juga untuk kontrol emosi, bisa lebih tenang,” kata Agus pada hari ketiga YogFest 2015 26 April 2015 di Taman Menteng, Jakarta Pusat ini.

Peserta lainnya, Anneke mengaku penasaran dengan yoga nidra yang diajarkan oleh Stefano. Anneke sebelumnya juga pernah mengikuti yoga nidra dan merasa tubuhnya lebih rileks dan lebih peka terhadap kondisi fisiknya setiap baru bangun tidur.

Menurut Stefano, yoga nidra adalah yoga yang lebih ditujukan untuk menyehatkan psikis seseorang dan sebagai relaksasi. Banyak manfaat yang bisa diambil dengan melakukan yoga nidra.

“Yoga nidra juga bisa untuk menghilangkan kebiasaan buruk hingga trauma,” kata Stefano yang berasal dari Italia ini. (Dian Maharani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *