Koko Yoga: Belajar dan Belajar

Mengenal yoga pertama kali 11 tahun yang lalu, Koko Yoga yang dikenal sebagai sosok pendiri Indonesia Yoga School (IYS) ini menjawab singkat saat ditanya mengenai tujuan utamanya dalam beryoga: “Agar saya bisa sehat jasmani dan rohani.”

Menurut Koko, dalam belajar yoga asana kita tidak perlu pilih-pilih. Ia menyukai semua asana karena setiap asana memiliki filosofinya sendiri.

Dan karena yoga yang tidak mengenal batas inilah, ia juga tidak bosan belajar mengenai yoga.  Yoga itu sendiri menurutnya mengajarkan tentang nilai-nilai dalam kehidupan ini.

Pengalaman mengajar kelas yoga Koko yang pertama ia kenang sebagai kelas yang “menyenangkan, seperti di mana-mana, dengan persiapan yang baik dan bekal ilmu yang cukup, semua akan lancar walau di saat awal tetap nervous.”

Begitu ia mencoba kelas yoga pertamanya, ia merasakan manfaatnya secara langsung. “Semboyan yoga Body Mind and Soul memang benar-benar saya rasakan,” jelas Koko yang mengaku beryoga setiap hari.

Bagi Koko, inisiator Komunitas Yoga Gembira Yudhi Widdyantoro ialah sosok guru yang inspiratif. “Karena ia mengajarkan dan memberi contoh bagaimana Yoga dalam kehidupan,” tukas pria yang sangat gemar belajar untuk mengisi waktu senggangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *