Koko Yoga dan 4 Kunci Berasana yang Lebih Kokoh, Nyaman dan Aman

koko yogaaa

Hari kedua Yogfest2014, sesi pertama di Arena I, kita belajar KAPHA Yoga. KAPHA sendiri adalah kepanjangan dari: Koko Asana Principles of Human-body Alignment.

KAPHA Yoga terdiri dari 4 Element, yaitu:

» FOUNDATION dalam KAPHA based on aliran energi yang kita tarik dari kaki atau tangan untuk dikumpulkan di pinggul atau dada yang akan menyamankan setiap gerakan tubuh sehingga pose yoga dapat dilakukan dengan baik.

» ROOT to EXTEND kekuatan untuk bermain di setiap pose. Jika kita mampu mencengkram bumi dengan berat 5 kg maka kekuatan yang akan dihasilkan untuk menahan seluruh tubuh dalam pose akan setara dengan itu.

» INTEGRATION Semua bagian dari diri harus ikut menyatu dlm setiap gerakan hingga menyentuh kesadaran terhadap diri secara keseluruhan.

» OPPOSITE ACTION adalah cara memanfaat dua kekuatan yang berlawanan dalam sebuah pose untuk menemukan keseimbangan sehingga semua elemen dapat saling berintegrasi.

KAPHA 4 Elements adalah tehnik yoga keren yang mampung mengajak kita menyelam lebih dalam kepada kekuatan diri yang sesungguhnya. Koko pun menekankan pentingnya untuk fokus pada diri dalam menemukan cara untuk tumbuh. Sehingga kita dapat terus menjadikan diri di masa datang lebih baik dari diri kita saat ini. (arifah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *