Komunitas ‘Gentle Birth Untuk Semua’ Gelar Latihan Yoga Pra-kelahiran di Yoga Gembira Festival 2014

IMG_20140420_093946Hari terakhir di YogFes 2014 ini, saya mendapat 1 tugas liputan yaitu meliput kelas Gentle Birth – Manfaat Yoga untuk Kehamilan yang dipandu oleh Dyah Pratitasari, yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00.

Dalam kelas yoga pagi ini Prita dan tim mempersembahkan workshop dengan tema “Prenatal Exercise untuk Persiapan Melahirkan”, dalam kelas yang sebagian besar pesertanya Ibu hamil, diajak untuk mempraktekkan dasar-dasar yoga prenatal, tehnik olah napas, serta latihan-latihan yang berperan melancarkan proses persalinan. Sebagian Ibu yang telah merasakan manfaatnya juga ikut berbagi pengalaman.

Lalu apa yang dimaksud dengan Gentle Birth ? Pada workshop kali ini disampaikan bahwa yang disebut gentle bird secara utuh adalah mencakup persiapan kehamilan, selama kehamilan, saat proses persalinan dan masa parenting yang semuanya dilakukan secara berkesadaran (mindfulness). Artinya persalinan dilakukan secara lembut dan penuh cinta, merupakan konsep persalinan yang menghargai tubuh holistik (body mind spirit) Ibu maupun bayi sehingga persalinan dilakukan secara lebih lembut, ramah jiwa dan minim trauma bagi Ibu dan bayi.

Bahwa kehamilan dan persalinan adalah proses alamiah yang perlu dihormati, ada peran aktif Ibu dan dukungan keluarga untuk memberdayakan potensi kemampuan tubuh Ibu, dan sejatinya rasa nyeri saat persalinan adalah bersifat subjektif dan bisa dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan persepsi persalinan adalah peristiwa yang menakutkan.

Disampaikan pula dalam materi pendukungnya bahwa ibarat rumah, kehamilan dan proses persalinan merupakan pondasi yang kuat untuk menentukan kelancaran serta kualitas proses selanjutnya. Kehamilan yang sehat dan minim resiko, serta pengalaman persalinan yang positif, akan melancarkan proses IMD, menyusui, serta mengasuh anak dengan penuh kesadaran dan kasih sayang.

Bagi para calon Ibu, mempersiapkan diri untuk sebuah momen alamiah yang menakjubkan adalah lebih baik sehingga kehamilan menjadi sebuah pengalaman yang indah. (Retnani/ photo: andi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *