Latihan Core Menyeluruh dengan Teknik KAPHA Yoga

DSC_3572Apa sih atau bagian mana sih yang disebut core itu? Apakah benar hanya bagian perut ? Koko Yoga, seorang guru yoga dan juga penggagas KAPHA Yoga menjelaskan, “Core adalah energi dan bagian tubuh yang menopang batang tubuh dan membuat tubuh tegak.”

Dalam KAPHA Yoga, yang dia sebut aliran yoga asli dalam negeri, melatih tiga bagian core, upper core, middle core dan lower core. “Mulai dari bagian panggul, tulang belakang, perut, dada dan pinggang.” Jelas instruktur yoga di Celebrity Fitness ini.

Latihan Kapha sendiri istimewa karena menggunakan advanced alignment, alias mengoptimalkan pose atau asana dengan mengaktifkan otot. “Misalnya saat melakukan pose warrior 1, kita lebih mengencangkan lutut, membenarkan posisi pinggang, dan menekan kaki lebih kokoh ke bawah.” Jelas Koko.

Pada sesi kelas KAPHA Core 3 di Yoga Gembira Festival, Koko memulai kelas dengan latihan nafas, mulai dari chandra/surya breathing, kapha warrior, standing pose, sitting pose dan twisting. Latihan Kapha ini cukup intens dan membuat keringat menguncur deras.

“Perlu diingat bahwa dalam melakukan latihan yoga harus ada integrasi. Apa yang kita lakukan harus kita sadari biar tubuh lebih kuat dan menghindari cedera. Yoga adalah koneksi antara body, mind, and soul.” tutup Koko. (Johana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *