Makin Lentur dengan Yin Yoga bersama Uci Wijayanto

_MG_0353Kelas terakhir di Yoga Gembira festival ini membahas tentang ‘releasing tension’ artinya melepas ketegangan atau kekakuan tubuh kita. Setelah 3 hari penuh beryoga, tentunya Yin yoga ini cocok sekali untuk menutup kegiatan ini. Tidak ada squeeze, paksaan maupun contraction dalam setiap gerakannya, semuanya dilakukan secara natural saja.

Dalam filosofi Cina, kita mengenal ‘Yin dan Yang’. ‘Yin’ berarti energi positif yang sifatnya lembut dan ‘Yang’ berarti energi negatif yang bersifat keras. Di dalam yoga, keduanya harus seimbang dan berjalan secara harmonis.

Tujuan dari Yin yoga ini membuka otot-otot yang kaku dan membuat ‘muscle connection’ atau melancarkan hubungan antar otot. Selain itu pose-posenya dapat memijat otot-otot dalam tubuh kita dan organ dalam yang jarang tersentuh ataupun jarang digerakkan sehingga peredaran darah pun lebih lancar. Kegunaan lain dari Yin yoga ini juga berguna untuk mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan yoga yang lebih keras atau powerful seperti hand stand, four-arm balance, dsb. Sehingga gerakan yoga kita akan lebih ‘smooth’ dan lancar.

Pertama tama memang terasa pegal dan beberapa tempat menjadi kesemutan karena durasi satu pose harus ditahan cukup lama. Tetapi kita tidak perlu kawatir karena tubuh dan otot-otot kita cukup lentur. Gunakan kekuatan positive thinking dan ignorance yaitu tidak menghiraukan apa yang terjadi di sekeliling kita, pose sesulit apapun bisa dilakukan.

Setelah melakukan Yin yoga ini tubuh terasa lebih rileks, otot-otot lebih lentur dan tubuh kita akan mengucapkan berterima kasih kepada kita. Namaste. (Rhani/foto: Bobby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *