Mencari Ketenangan Diri melalui Meditasi

Meditasi 2

Salah satu agenda Yogfest 2015 pada hari pertama 24 April 2015 adalah sesi meditasi yang difasilitasi oleh Eva Muchtar dari Bali Husada di area panggung utama Yoga Festival 2015. Sesi ini mengajarkan tentang meditasi dan mengajak peserta untuk memfokuskan pikiran. Meditasi berguna untuk melatih kesehatan dan berpikir harmonis. Meditasi juga berguna untuk menciptakan keseimbangan antara pikiran dan tubuh sehingga kita bisa menikmati hidup dengan lebih baik.

Para peserta diajak untuk membiarkan tubuh mereka ‘bernapas’. Oleh karena itu, peserta bukan diminta mengatur pernapasan melainkan membiarkan tubuh secara alami melakukan pernafasan. Para peserta dengan posisi duduk setengah lotus lantas menutup mata dan memperhatikan kapan napas masuk dan keluar. Kita lantas sadar kapan menghela napas panjang. Yang perlu diperhatikan adalah fokus atau konsentrasi pada pikiran dan tidak membiarkan pikiran ke sana ke mari. Dalam meditasi, memang kerap kali terjadi gangguan. Terlebih ketika meditasi tersebut dilaksanakan di tempat yang tidak begitu kondusif dengan gangguan suara atau berbagai penyebab ketidaknyamanan lainnya.

Peserta diajak mengucapkan “Semoga hidup berbahagia,” di dalam hati kepada alam semesta. Peserta memperhatikan dan mengatur alur pernapasan mereka: kadang panjang, kadang pendek, kadang dingin, atau sebaliknya, panas. Hakikat hidup manusia adalah untuk mendapatkan dan merasakan kebahagiaan. Dengan demikian, sudah sewajarnya jika kebahagiaan adalah tujuan utama hidup kita.

Peserta mempelajari kebijaksanaan bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi atau kekal. Meditasi ini juga mengajak peserta untuk mengontrol emosi dan melepaskan memori buruk. Emosi akan mempengaruhi kestabilan diri dan kesehatan seseorang. Bahkan banyak penyakit tubuh yang disebabkan karena emosi. Peserta terlihat sangat hening dalam melakukan latihan pernafasan yang dilakukan selama beberapa kali ini dan berlangsung hampir 40 menitan ini.

Dimana pun kita berada, sebenarnya kita bisa merasakan keheningan meditasi bahkan ketika di suasana ramai sekalipun. Meditasi bukanlah hal yang mudah dan bukan hal yang sulit pula jika dicoba dan dilatih. Selamat bermeditasi dan menemukan kebahagiaan di dalamnya. (Johar Zauhariy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *