Mengenal Khasiat Beragam Minyak Esensial bersama Chichi Bernardus

chichi bernardus aromaGuyuran hujan deras tidak menghalangi jalannya kelas essential oil walaupun dikelilingi genangan air serta langit yang mulai menggelap. Kelas ini dipandu oleh Chichi Bernardus dari Women’s Health magazine. Dibesarkan di tradisi keluarga Jawa yang kental, sejak kecil Chichi sudah sangat familiar dengan hal2 yang beraroma kuat seperti sesajen dan aromaterapi.

Nah, apakah yang dimaksud dengan aromaterapi atau essential oil ini? Yaitu natural oil yang didapat dari tanaman organic melalui proses distilasi yang berfungsi memberikan efek baik untuk meningkatkan kesehatan. Sebotol kecil essential oil ini cukup mahal. Bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dikarenakan membutuhkan banyak bahan baku. Misalkan 50 kg mawar yang didistilasi hanya menghasilkan sebotol kecil essential oil dan disimpan dalam botol berwarna gelap. Jadi bila ada oil dengan harga murah berarti oil tersebut tidak murni alias sudah dicampur.

Beberapa essential oil yang direkomendasi oleh Chichi dan sebaiknya dimiliki karena sangat berguna untuk kesehatan keluarga yaitu essential oil dari grup citrus yaitu lavender, rosemary, eucalyptus, ginger, peppermint dan orange/lemon.

Berikut jenis2 dan kegunaan essential oil,
Marjoram: darah tinggi, migren
Orange: darah rendah, flu, demam
Patchouli: anti acne, massage oil, anti dandruff
Peppermint: gatal2, keracunan
Rose: impotensi, kesuburan,
Rosemary: kolesterol, sakit kepala
Tea tree: anti acne
Sandalwood: menoupause, eksim
Basil: flu, sakit perut
Cananga: insomnia
Clove bud: sakit gigi, diare
Fennel: diet, kulit, percaya diri
Geranium: anti aging, breast tighten
Ginger: flu, demam, obat cacing, lever
Grapefruit: selulit, detox
Jasmine: kesuburan, impotensi, pms
Lavender: asma, stretch mark
Lemon: antioksidan, nafsu makan
Lemon grass: antiseptic, rematik
Mandarin: selulit, digestion

Penggunaan essential oil ini tidak boleh dipakaikan langsung ke kulit tetapi ada beberapa cara. Yaitu dengan diteteskan 5-10 tetes ke dalam air di sebuah baskom, diteteskan ke bantal, humidifier atau pun diteteskan ke handuk kompres. Essential oil ini juga tidak boleh ‘too much’ atau berlebihan karena belum tentu semua oil itu cocok untuk setiap orang. Jadi sifatnya ‘tailor made’ disesuaikan dengan kebutuhan masing2 individu demi mencapai kesehatan optimal. (Rhani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *