Mengenal Yin Yoga bersama Siska Marsudhy

siskamKian hari yoga kian populer, dari mengenal yoga tradisional hingga banyaknya yoga modifikasi dan juga yoga modern.

Hari ini, saya berkesempatan mengikuti kelas Yin Yoga & Meditation di Arena 1 Yoga Gembira Festival 2014 yang diselenggarakan di Taman Menteng Jakarta. Saya sering melakukan meditasi namun mengikuti Yin Yoga adalah kali pertama buat saya. Dipandu oleh Siska Marsudhy dari Kalyana Yoga, mengalami Yin Yoga adalah sesuatu yang sangat berkesan.

Selama ini, saya cukup rajin beryoga, dari gentle flow, dynamic flow atau body balance, yang ternyata kelas-kelas tersebut masuk dalam golongan yoga yang dinamis atau Yang yoga. Sesuai sifat Yang yaitu dinamis dan agresif.

Sedangkan konsep Yin Yoga seperti yang diterangkan Siska sesaat sebelum memulai kelas bahwa gerakan pada Yin Yoga adalah gerakan yang sangat lembut, tenang dan rilek. Perpindahan dari satu pose ke pose berikutnya sangat lembut, kita selalu diingatkan untuk mengendurkan bagian-bagian tubuh dalam berpose dan diusahakan serileks mungkin tanpa memberi penolakan.

Dalam kondisi yang sangat tenang, dan stay at the moment pada satu gerakan, adalah kondisi yang tepat untuk bermeditasi, maka Yin Yoga menjadi erat dengan meditasi.

Pose dasar yin yoga sama dengan pose pada yoga dinamis, namun implementasinya yang lembut dan stay longer pada satu pose, memberi cukup rasa painful. Nah pada kondisi ini, peserta diajarkan untuk melatih kesabaran dan mengalami moment “melihat dan merasakan apa adanya” tanpa judgement dan penolakan. Tubuh diajarkan merasakan tarikan-tarikan pada bagian tertentu dan belajar untuk sabar tidak melawan serta memaksakan diri.

Kelembutan Yin Yoga, mungkin tidak cukup membuat Anda berkeringat namun mengalami Yin Yoga seperti mengajarkan Anda untuk lebih mengenal dan menerima diri Anda apa adanya. (Retnani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *