Menghayati Semangat Prajurit di Swing Warrior KAPHA Yoga dengan Jefry Boas

_MG_9792Aroma tanah basah dan Scottish music lembut tapi bersemangat, mengiringi dimulainya kelas Swing warrior sore ini. Dibuka dengan pemanasan sun salutation sequence yang powerful. Pose Warrior 1 dan warrior 2 yang ditambah dengan option twist dan variasi tertentu untuk yang sudah ahli atau advanced.

Kelas swing warrior awalnya diciptakan oleh Koko yoga. Gerakan2nya memakai filosofi dan prinsip seorang prajurit barisan depan yang memiliki sifat yang tidak gampang menyerah, disiplin, kuat, kokoh dan tahan banting terhadap segala ujian. Ibaratnya prajurit ini berlatih keras untuk selalu siap siaga melawan musuh dari segala arah. Pose ini disebut sebagai Front warrior.

Tema swing warrior kali ini difokuskan pada twisting dan hip opening. Dalam kapha yoga, semua gerakan selalu mengintegrasikan seluruh bagian tubuh, mulai dari mengaktifkan jari-jari kaki dan tangan, menguatkan tekanan kedua kaki, mengencangkan betis, paha, bokong dan menegapkan dada.

Ciri khas dari swing warrior ini ada empat yaitu standing strength, standing balance, twisting dan hip opening.

Kelas ini cukup menguras tenaga dan keringat seperti selayaknya seorang warrior yang hendak mempersiapkan diri untuk berperang.

Di akhir kelas, Jefry memperkenalkan pose modifikasi Kailasan 1 dan kailasan 2 yang terinspirasi oleh gerakan anaknya. Dimulai dengan basic child pose kemudian twisting tangan dan kaki dan bending twisting lebih dalam lagi. Kelas ini ditutup dengan shavasana yang cukup singkat tetapi cukup untuk mengembalikan energi sang Warrior.

Rhani
18 April 2014

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *