Mengintip Teknik Dasar Yoga Iyengar

Jpeg

Teh Yuni menerangkan prinsip-prinsip dasar Yoga Iyengar.

Iyengar, aliran yang sudah jamak di telinga para peminat yoga. Kunci aliran ini yakni ketepatan posisi (alignment) dan ketepatan gerak. Aliran Iyengar yang merupakan hasil pemikiran Bellur Krishnamachar Sundararaja (B.K.S.) Iyengar ini menggali kekuatan, fleksibilitas, stabilitas, dan dapat menjadi terapi untuk kondisi tertentu.

Yuniar membawa aliran Iyengar ke kelas yoga di Yoga Gembira Festival 2016 yang dihelat pada Sabtu, 16 April 2016, jelang siang. Perempuan berusia 49 tahun yang akrab disapa Teh Yuni ini menularkan pengetahuan soal teknik dasar Iyengar ke puluhan peserta yang memadati arena.

Teknik dasar yang diajarkannya, antara lain, teknik duduk, berdiri, dan twisting. Tak lupa, virabhadrasana(warrior) I, II, dan III. Di akhir sesi, Teh Yuni menunjukkan salamba sarvangasana (pose bertumpu di bahu/supported shoulder stand) dengan bantuan kursi. Pose ini dipercaya mampu merangsang kelenjar tiroid, meredakan stres, serta  merangsang pencernaan.

Bagi Teh Yuni, teknik dasar dalam Iyengar wajib dipatuhi agar pelaku yoga terhindar dari cedera. Dari pembelajarannya soal Iyengar selama satu dasawarsa terakhir ini, Teh Yuni tidak ingin ada pembelajar Iyengar yang keliru posisinya sehingga berujung pada cedera. Sepengalamannya, ketika menjalankan asana Iyengar secara tepat, maka cedera tak akan datang.

“Banyak rambu dalam Iyengar dan kita harus tertib menaatinya. Teknik dasar sangat penting. Kalau sudah paham dasarnya, mau ikut yoga aliran mana pun akan mengasyikkan,” katanya setelah kelas usai.

Rupanya, waktu satu jam 30 menit tidak cukup bagi peserta untuk menimba ilmu dari Teh Yuni. Di luar kelas, sejumlah peserta mengajukan pertanyaan kepadanya.

Teh Yuni saat ini fokus mengajar yoga Iyengar di beberapa kelompok karyawan kantor. Ketertarikannya pada aliran ini bermula saat dia cedera punggung bagian bawah dan pergelangan kaki saat dia menjadi guru aerobic.

“Aku sembuh karena yoga, kemudian masuk Iyengar, belajar sampai sekarang,” ucap Teh Yuni.

Perempuan yang saat ini mukim di Serpong, Tangerang, tersebut pernah mendalami yoga Iyengar selama satu bulan di Ramamani Iyengar Memorial Yoga Institute, India. (*Gloria Natalia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *