Michelle Budirahardjo: Cintai dan Bebaskan Diri Lewat Yoga

“Feel, Flow, and Free Yourself”, begitulah tema kelas yang akan dibawakan Michelle Budirahardjo Minggu pagi nanti. Tema itu juga yang bisa menggambarkan bagaimana perjalanan yoganya selama ini. Berawal dari kelas yoga di sebuah pusat kebugaran (gym) yang ia ikuti, perempuan yang tinggal di Jakarta Barat ini mengaku hanya mencoba.

“Awalnya saya ikut yoga di sebuah gym, hanya coba coba saja. Namun semakin lama semakin jatuh cinta dengan yoga,” ia mengaku pada YogaGembira.com dalam wawancaranya.

Sejak kelas pertamanya, ia mulai merasakan perubahan dalam dirinya. Beberapa perubahan itu ialah turunnya tingkat stres dan meningkatnya kekuatan tubuhnya. Tidak heran ia sangat menyukai Yin Yoga yang memiliki manfaat melepas ketegangan dalam tubuh dan pikiran serta jiwa setelah aktivitas padat yang ia jalani. Karenanya, ia mengaku tidak bisa melewatkan sehari pun tanpa latihan Yin Yoga.

Ditanya mengenai tujuan paling utamanya dalam beryoga, Michelle yang salah satu murid Uci Wijayanto ini berucap:”Mencintai diri sendiri.”

Menyinggung soal sosok guru yoga yang ia jadikan panutan, Michelle menggambarkan karakter guru yang “dapat membantu murid untuk mendapatkan manfaat yoga lebih dalam/banyak lagi”.

Penyuka asana-asana peregang otot hamstring seperti Uttanasana/ Paschimottanasana ini mengatakan dirinya mengintegrasikan Yoga dalam kehidupan sehari-hari dengan caranya sendiri, yakni menyeimbangkan antara “Hold” dan Release”. Lebih lanjut pengajar yoga yang gemar membaca buku ini menjelaskan:”Jadi dengan yoga kita dapat lebih menyadari kapan harus lebih berusaha dan kapan harus melepas (release). Sehingga hidup lebih dapat dijalankan dengan selaras dan harmonis tanpa ada beban di pikiran.”

Di luar dimensi fisik (asana) Yoga, Michelle mengaku tertarik dengan Yama dan Niyama. Alasannya karena “membantu kita untuk menjadi sebuah pribadi yang lebih baik dari luar maupun dalam diri.”

Kelas-kelas yang ia ajar, menurutnya, akan lebih ke arah fun, santai. “Jadi peserta yang masih baru tidak perlu khawatir apabila merasa belum bisa serta peserta yang sudah lama yoga pun lebih dapat merasakan pose/meraih lebih dalam lagi pose tersebut,” terangnya. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *