Naning: Sederhana, Bertahap dan Fokus pada Alignment

Baru saja sembuh dari sakit yang cukup lama di tahun 2014, Naning sadar dirinya perlu berolahraga agar lekas pulih dan kembali beraktivitas. Namun, karena kondisi fisiknya belum memungkinkan untuk berolahraga seberat orang lain yang sudah bugar dan terbiasa, ia pun mencari jenis olah tubuh yang relatif tidak membebani tubuhnya.

Pilihannya pun jatuh pada yoga sebagai olahraga yang cukup aman. Ia merasa lebih rileks di kelas yoga pertamanya. Dalam perjalanannya ia merasakan manfaat lainnya juga selain kesehatan fisik yang membaik. “Pada awalnya saya beryoga agar menjadi lebih sehat secara fisik, tetapi semakin mendalami yoga, tujuan beryoga saya adalah untuk menyehatkan jasmani dan rohani saya,” tuturnya yang kini tekun dalam memperdalam ilmu yoganya.

Pengalaman mengajar Naning sukar dilupakan dan lama-kelamaan ia menemukan kunci agar lebih nyaman dalam mengajar. “Grogi karena takut lupa susunan asana akan diberikan. Semakin grogi karena mirror teaching membuat lupa kanan dan kiri tetapi ternyata berbagi sesuatu yang kita senangi kepada orang lain itu menyenangkan dan grogi pun hilang,” kenangnya.

Sekarang Naning mencoba menerapkan ajaran yoga dalam kehidupan sehari-harinya dengan mengikuti kelas seminggu sekali dan mengajar seminggu 4 kali. Ia juga meneladani kerendahhatian dari guru yang menurutnya paling inspiratif, bli Made Bagus. “Yoga meningkatkan kesadaran (awareness) saya karena saya suka belajar pernafasan dan meditasi dalam kegiatan saya sehari hari,” tandas perempuan yang menyukai latihan hatha yoga dengan alasan alignment asana bisa lebih dalam itu pada YogaGembira.com.

Dalam berlatih yoga, ia juga mencoba untuk tidak diskriminatif. “Saya suka seluruh asana karena setiap asana punya manfaat yang berbeda,” ucap Naning yang suka jogging di Taman Suropati seminggu sekali, nonton, dan membaca buku ini.

Naning yang rutin mengajar di rumahnya setiap Minggu pagi ini tidak hanya menaruh perhatian pada aspek fisik yoga (asana) tetapi juga pada chakra dan energi.

Menggambarkan gaya mengajarnya sebagai ”simple, alignment, step by step”, Naning akan hadir di Taman Suropati akhir pekan depan. Bagaimana kelasnya? Gelar saja mat Anda untuk mengikuti kelasnya. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *