Nina Grata: Fit dan Jernih dengan Yoga

Pertama kali mulai belajar yoga pada tahun 2014, Nina Grata awalnya sedang belajar spiritualisme. Sedangkan pada saat itu ia masih merasa bahwa meditasi terasa sulit dilakukan. Kemudian ia tahu bahwa yoga adalah meditasi bergerak.

“Maka dari itu aku mulai mempelajari yoga,” ujarnya pada Yogagembira.com melalui WhatsApp.

Dengan tujuan mengasah ‘awareness’, Nina terus menekuni yoga di bawah bimbingan guru-guru yoga Denise Payne dan Balu Thevar.

Begitu pertama menjajal yoga, Nina merasakan sejumlah faedah. “Fisik saya lebih fit, pikiran lebih jernih, emosi lebih tenang,” jelas perempuan yang paling menyukai gaya Vinyasa yoga ini.

Bagi Nina yang beryoga 5 kali seminggu ini, seorang guru yoga hendaknya jujur terutama saat di luar kelas yoga. Ia juga mesti setia pada self practice-nya dan menjalankan dharma-nya.

Ditanya tentang asana yang paling disukai, Nina menjawab:”Urdhva dhanurasana, karena bagian tubuh depan terasa memanjang.” Sementara itu, ia tak memiliki asana yang kurang disukai. “Kalaupun belum bisa melakukan asana tersebut, saya tidak sampai tidak suka.”

Dengan yoga, Nina yang menyukai aktivitas melancong ini mengaku bisa memahami bagaimana pentingnya melakukan sesuatu dengan tulus dan sepenuh hati.

Mengenai perkembangan yoga di nusantara, menurut Nina saat ini yoga semakin diterima dan dikenal masyarakat, dengan berbagai jenis style yang berkembang. “Namun, yoga sepertinya masih lebih banyak dikenal sebagai ‘olahraga’ atau ‘olahraga mahal’”, cetusnya.

Seperti pengajar lainnya saat harus tampil membawakan kelas perdana mereka, Nina masih sangat grogi. “Sekuen saya berantakan, lupa cueing, 10 menit hanya berbaring di punggung, mengayun ke kanan kiri,” kenang pengajar yang menggambarkan gaya mengajarnya sebagai ‘casual’ dan ‘fokus’.

Sibuk mengajar di sebuah studio di Jakarta, Nina mengakui aspek lain yang menarik dari yoga ialah bagaimana ia bisa bergerak mengikuti nafas, menggunakan napas untuk mengakses tubuh, fokus dengan diri sendiri. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *