Penyembuhan Diri dengan Kundalini Yoga bersama Watie Eshuis

_MG_0126Kundalini diibaratkan sebagai ular api melingkar yang sedang tidur. Ular ini melambangkan kekuatan yang hebat dalam tubuh manusia. Dalam Kundalini yoga kita diajarkan bagaimana mengaktifkan pusat energi yang gunanya untuk melancarkan dan membersihkan ‘blockage’ atau sumbatan penyakit di dalam chakra tubuh.

Chakra adalah titik pusat energi yang ada dalam tubuh kita.

Ada 7 chakra tubuh dan pose yoga yang baik:

-Root chakra: seated forward fold

-Sex chakra: hip opener

-Solar plex chakra: downward dog

-Heart chakra: upward plank

-Throat chakra: shoulder stand

-Third eye chakra: fish

-Crown chakra: headstand

 

Latihan pertama dalam Kundalini yoga, peserta melakukan pose-pose repetisi yang artinya dilakukan berulang-ulang. Fungsinya adalah untuk mengaktifkan pusat energi dan memijat organ dalam tubuh. Setiap gerakan yang dilakukan kita menghembuskan Breath of fire atau Kapala bati untuk mengeluarkan energi negatif dari tubuh.

Peserta juga diajak menari sambil bernyanyi untuk melepaskan semua ketegangan dan kepenatan hingga tubuh menjadi rileks. Semua peserta nampak kaku pada awalnya lalu lama kelamaan menjadi lebih santai dan bebas menggoyangkan tubuh dalam alunan musik. Wajah yang serius pun menjadi tersenyum.

Setelah itu semua peserta berkumpul membentuk lingkaran sambil menyanyikan mantra berulang-ulang: Ong Namo Guru dev Namo yang artinya I call upon the Divine wisdom. Tujuannya melepas semua pikiran, stress, kepenatan maupun penyakit yang ada di tubuh kita dan mengirimkan energi positif kepada orang-orang kita cintai.

Selesai kelas ini tubuh dan jiwa terasa lebih ringan. Dengan melakukan Kundalini yoga secara rutin, kita dapat merasakan manfaatnya. Tubuh lebih sehat, pikiran lebih jernih, emosi lebih stabil, energi bertambah serta lebih percaya diri. (Rhani/ foto: Bobby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *