Prenatal Yoga bersama Gentle Birth Untuk Semua.

20160416_073203
Kehamilan adalah salah satu proses alami yang dilalui oleh wanita. Pada kondisi ini terjadi perubahan kondisi emosi dan fisik dari wanita tersebut. Mulai dari kelelahan, kaki yang membengkak, sering buang air kecil hingga emosi yang tidak stabil.

Kehamilan harus dijaga dengan baik. Ibu hamil perlahan mulai mengubah ritme hidupnya, dari ritme cepat menjadi lebih lambat.

Akan tetapi, kehamilan bukan berarti menghentikan seluruh aktivitas ibu hamil. Ibu hamil tetap dapat aktif bergerak karena bergerak membuat ibu hamil tetap dalam kondisi sehat hingga saat melahirkan.

Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah yoga. Yoga bisa dilakukan mulai dari trimester pertama hingga menjelang melahirkan. Berbagai gerakan yoga membantu ibu hamil untuk melancarkan proses persalinannya kelak.

Dyah Pratitasari (Prita) di hari pertama Yogfest 2016 (16/04/16) mengajar kelas “Prenatal Yoga bersama Gentle Birth Untuk Semua” senantiasa mengingatkan seluruh peserta agar melakukan gerakan yoga dengan penuh kesadaran. Hindari menekan perut. Selalu membuka rongga dada agar bayi mendapatkan ruang yang lebih luas. Tidak lupa untuk selalu tersenyum, agar tubuh menjadi lebih rileks. “Rileks mulut atas dan “mulut” bawah”, demikian ujarnya.

Beberapa pose yoga yang diajarkan pada hari pertama YoGfest 2016 antara lain:

– Butterfly pose, gunanya untuk melumasi daerah sekitar panggul.
– Lizard pose
– Cat pose
– Downward facing dog
– Side plank dengan lutut di lantai.

Selain latihan yoga mandiri, di kelas ini juga diajarkan latian yoga yang dapat dilakukan berpasangan.

Kelas yoga yang diikuti oleh ibu hamil beserta pasangannya ini ditutup dengan duduk saling berhadapan dan berpegangan tangan atau menyentuh perut ibu hamil.
Kemudian mengucapkan tiga kalimat:
1. Terima kasih
2. Maafkan saya
3. I love you (dengan saling bertatap mata)
Lalu berpelukan dengan penuh kasih sayang.

Komunitas GBUS mengadakan latihan rutin di Depok tiap hari minggu pukul 07.00 dan di Bekasi pukul 06.00. Terbuka untuk umum. (*Shanti/ Foto: Shanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *