Profil Komunitas Yoga Gembira

Nama komunitas ini Yoga Gembira. Nama ini kadang disingkat sebagai “yogem”.

Terbentuk sejak 17 Januari 2009 dengan Yudhi Widdyantoro sebagai inisiatornya, pendirian Yogem dilatarbelakangi oleh keprihatinan Yudhi yang berprofesi sebagai guru yoga. Ia merasa bahwa yoga tidak bisa diakses oleh banyak masyarakat luas padahal manfaatnya banyak. Pasca fatwa MUI tentang yoga juga membuatnya ingin menunjukkan bahwa yoga tidak sepenuhnya haram asal tidak melanggar keyakinan dan berfokus pada napas dan kesehatan.

Kami bergerak di bidang sosial. Selain beryoga, kami juga menekankan aspek beramal, berilmu dan bergembira. Beramal artinya kami turut peduli dengan isu-isu sosial. Berilmu artinya kami mendukung adanya penyebaran ilmu pengetahuan di komunitas kami dengan memberikan waktu sharing bagi para praktisi dan ahli di bidang-bidang tertentu. Bergembira artinya kami membuat yoga menjadi tidak seserius dan semenegangkan di studio atau gym.

Sasaran komunitas ialah masyarakat luas tanpa pandang bulu. Tetapi terutama mereka yang tidak memiliki akses ke gym atau studio yoga yang mahal.

Bagaimana cara bergabungnya? Tidak rumit. Anda tinggal datang saja ke Taman Suropati pada minggu pagi pukul 7 dengan membawa matras yoga atau alas lain (jika belum punya mat khusus yoga). Tanpa biaya registrasi karena cuma berdonasi sukarela.

Komunitas ini tidak memandang batas geografis. Kami menerima semua orang yang hendak beryoga tak peduli asal mereka. Tapi kebanyakan relawan memang tinggal di Jakarta. Sebagian peserta kelas yoga kami juga ada yang dari wilayah luar Jakarta seperti Depok.

Komunitas ini juga memiliki banyak sister communities di sejumlah kota seperti Tangerang, Bekasi, Surabaya, dan sebagainya.

Jumlah anggota di awal dari cuma kurang dari 5 orang di tahun 2009-2010, kemudian seiring berjalannya waktu menjadi lebih dari 100 orang dalam sekali latihan sekarang ini.

Kegiatan mingguan latihan yoga. Tahunan, kami adakan YoGFest, Yoga Gembira Festival di bulan April.

Aksi komunitas kami yang juga bisa dikatakan sebagai prestasi yang kami dapatkan ialah keterlibatan dalam pemecahan rekor beryoga bersama 1013 orang dalam waktu bersamaan di Bundaran HI pada tahun 2012 bersama AXA. Kami juga turut menyumbang dan peduli pada Korban Longsor Banjarnegara, karena Yudhi W. sebagai inisiator komunitas turut turun ke lapangan mengajar yoga untuk anak-anak yang menjadi korban bencana tersebut. Kemudian kami juga pernah menggelar aacara penggalangan dana untuk klinik Bumi Sehat di Bali,yang dimiliki ibu Robin.

Dukungan pemerintah DKI sudah ada dan diberikan pada saat YoGFest 2016 lalu. Ditandai dengan kehadiran dan sambutan dari istri Wagub, bu Happy Djarot, yang juga sempat mampir dalam satu sesi latihan media 2017 lalu.

Visi dan misi kami ialah memperkenalkan manfaat yoga ke sebanyak mungkin orang dan menginspirasi warga Jakarta agar menghabiskan lebih banyak waktu luang bersama orang-orang terkasih di ruang terbuka hijau, bukan di mall. Ini yang sangat penting karena masyarakat kita perlu menyatu kembali dengan alam, bumi.

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang komunitas ini, silakan hubungi nomor WhatsApp 08568120383 atau email yogagembira(at)gmail(dot)com.

Mohon isi formulir ini sebelum masuk ke kelas: https://goo.gl/forms/ZKQKrW2fXPhYuUkt2

Sampai jumpa di Taman Suropati tiap Minggu pagi!

(*Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *