Purinawa Uncovers Hatha Yoga” (Ryan Purinawa)

 

image2Di hari kedua Yogfest yang super cerah ini, para yogis dan yoginis masih bersemangat untuk mengikuti kelas Hatha yoga yang dipandu Ryan Purinawa. Ini adalah yang ketiga kalinya Yogfest mengundang Ryan untuk menjadi salah satu speaker ‘langganan’. Pendukung setia Ryan Purinawa dengan t-shirt bersablon ‘200 jam teacher training Purinawa yoga’ sudah duduk manis di baris terdepan. Ryan menyapa peserta siapa saja yang ikut kelas pagi ini. Apakah semuanya guru yoga atau praktisi yoga. “Kalau semuanya guru yoga, kelasnya cancel aja deh hehehe…,” canda Ryan. Untungnya tidak semua peserta adalah guru yoga, jadi kelas tidak jadi batal.

 

Hari ini Ryan membawa timnya yang terdiri dari 2 orang untuk mengajar di atas panggung. Ryan mencontohkan opsi 1 (beginner), Nungki untuk opsi 2 (intermediate) dan Ronald untuk opsi 3 (advanced). Dengan adanya tim ini tentunya memudahkan para peserta untuk memilih opsi yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sesuatu yang jarang dilakukan oleh guru yoga lain yang biasanya hanya perform solo/tunggal.

 

Dimulai dengan bagaimana melakukan pranayama dengan baik yaitu dibagi menjadi 4 macam pernafasan yaitu nafas natural, nafas abdominal/perut, nafas panjang/dalam dan nafas ujayi. Pranayama ini sangat penting dilakukan karena merupakan sumber energi dalam melakukan pose/asana apapun. Gerakan yoga menjadi lebih mudah, tidak terputus dan berkesinambungan. Kuncinya selalu bernafas ‘nose to nose’ dan mengunci bandha selayaknya seperti memakai korset. Dilanjutkan dengan surya namaskar A dan B, inversion, back bend dan diakhiri dengan savasana.

 

Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna dan tidak akan menjadi sempurna. Kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin dan mempraktekkan asana semampu kita. Demikian tips Ryan sembari menutup kelas Hatha yoga ala Purinawa pagi ini. (Rhani/ Photo credit: Rhani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *