Rayakan Hari Internasional Yoga, Komunitas Yoga Gembira Gelar Protokol Yoga Virtual

Perayaan Hari Internasional Yoga ke enam yang dirayakan 21 Juni tahun ini terasa berbeda. Sebagai respon atas imbauan pemerintah untuk menghindari kerumunan dan kontak fisik, perayaan tersebut akhirnya dilaksanakan secara virtual dan kalaupun harus berumpul, maka para peserta wajib melakukan protokol kesehatan ketat agar mencegah penyebaran Covid-19.

Komunitas Yoga Gembira (YoGem) juga tidak ketinggalan untuk merayakan momen istimewa sekali setahun ini dengan mengajak semua anggotanya untuk berlatih di pagi hari, Minggu, tanggal 21 Juni 2020 lalu melalui kanal digital (yakni platform Zoom, Facebook Live, dan Instagram Live).

Dengan mematuhi protokol kesehatan, enam anggota komunitas mengikuti Protokol Yoga yang disiarkan dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Jakarta bersama di Fraser Residence Menteng sejak pukul 06.30.

Penggagas komunitas Yoga Gembira Yudhi Widdyantoro dan koordinator pelaksana acara perayaan Hari Internasional Yoga di Komunitas YoGem Dandi Arimurti membuka acara dengan bincang-bincang singkat mengenai perayaan Hari Internasional Yoga.

Sekilas Yudhi juga menjelaskan mengapa tanggal 21 Juni dipilih, yakni karena tanggal tersebut merupakan puncak musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara. Dan kebetulan India yang menjadi tempat asal Yoga secara geografis berada di belahan bumi utara.

Sementara itu, anggota komunitas Yoga Gembira yang kebetulan berada di Kedubes India Tarita juga menyempatkan diri untuk melaporkan secara langsung persiapan event di tempat tersebut.

Protokol Yoga yang berupa sekuen latihan Yoga di pagi hari yang bisa diikuti oleh semua level ini dipandu oleh guru Yoga sekaligus aktor Anjasmara Prasetya dan dua rekannya Sita dan Yazmeen.

Sebagai bentuk relay, aktivitas Protokol Yoga ini kemudian disiarkan kembali secara langsung (live) sejak pukul 07.00 WIB melalui kanal-kanal digital komunitas sehingga seluruh anggota komunitas dapat mengikutinya di tempat tinggal masing-masing.

Acara kemudian ditutup dengan foto sesion dan ucapan terima kasih kepada sponsor Fraser Residence Menteng, Relish Bistro, Soyjoy, dan Delta FM.

Secara keseluruhan, tercatat 40 orang (Zoom), 100 orang lebih menyaksikan (Facebook Live), dan 600 lebih menonton (Instagram Live). (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *