Rina Almanda ; “Lawan Ambisi untuk Sekadar Bisa Berasana”

Bagi Rina Almanda yang sudah menekuni Yoga sejak 6 tahun lalu, tujuannya yang paling utama dalam beryoga ialah meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot-ototnya.Di saat yang sama ia juga tidak ingin terjebak pada ambisi untuk menguasai asana semata. “Aspek yoga yang paling menarik bagi saya ialah melawan ambisi untuk sekedar bisa melakukan asana,” ungkap pemilik akun Instagram @fitsamarina ini.

Bercerita tentang pengalaman perdananya menjajal Yoga, Rina yang saat itu baru saja menderita cedera karena olahraga lari mengatakan: “Yoga membantu pemulihan cedera saya dan membuat saya lebih tenang.”Memiliki Olivia Tustcher sebagai guru panutan, Rina kemudian memutuskan belajar Yoga lebih mendalam dan mengikuti pelatihan mengajar Yoga (yoga teacher training). Setelah itu, ia mulai rutin mengajar di GudangGudang Yoga Studio di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan.

Menurut Rina yang menyukai savasana ini, seorang pengajar/ guru Yoga yang baik mesti dapat menyampaikan kelas dengan santai, tidak menegangkan dan di saat yang sama juga dapat memberikan inspirasi positif bagi para murid yang mengikuti kelasnya.

Saat ditanya bagaimana gaya mengajarnya sendiri, Rina yang mengaku berlatih sendiri seminggu 3 kali ini menggambarkannya sebagai “akurat (dalam instruksi verbal yang ia berikan), menyenangkan (fun), tetapi juga serius”.Perempuan penyuka aktivitas menonton film, memotret, dan menciptakan video ini menyukai gaya Vinyasa dalam beryoga. Alasannya karena ia menyukai sesuatu yang dinamis dan mengalir.

Rina mencoba menerapkan nilai-nilai Yoga dalam kehidupannya dengan menjadikan latihan Yoga-nya sebagai contoh dasar cara menjalani kehidupan di dunia.

Ditanya mengenai perkembangan Yoga di tanah air, Rina mengatakan perkembangan terbilang luar biasa. “Saya lihat makin banyak studio Yoga dan guru-guru Yoga baru, sehingga banyak kesempatan untuk orang-orang dalam mencoba Yoga,” cetusnya. (*/ Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *