Sandra Chuhairy: Yoga Bantu Lebih Tenang dan Fit

 

Akan membawakan kelas bertema “Berselaras dengan Elemen Bumi”, perempuan kelahiran 27 Juni ini mulai mempraktikkan yoga sejak sekitar 12 tahun lalu.

“Di tahun 2016 saya mengikuti Yin Yoga Teacher Training bersama Jo Phee dan Joe Barnett di Bali, kemudian saya mulai mengajar sejak saat itu,” ucap Sandra Chuhairy yang memiliki penyatuan pikiran, raga, dan jiwa (mind, body, spirit) sebagai tujuan utama beryoga.

Setelah memulai yoga, ia pun mulai merasakan sejumlah manfaat. “Saya merasa lebih tenang secara emosi dan lebih fit (bugar) secara fisik,” terang perempuan yang memandang Jo Phee sebagai sosok guru yang paling inspiratif.

Pengalaman perdana Sandra mengajar yoga juga tak terlupakan. “Saat itu saya mengajar kelas yang cukup besar sekitar 30 orang dan cukup gugup,” tuturnya

Berbicara soal sosok guru yang ideal, menurut Sandra ia membayangkan pribadi yang “mengajar dari hati dan tulus membagikan ilmu. Bukan karena ego”. Selain itu, guru juga mesti mempunyai kerendahan hati untuk belajar dari muridnya dan mau terus belajar memperluas wawasan.

Penyuka Hatha dan Yin Yoga ini mengatakan lebih suka dengan kedua style yoga tersebut karena “lebih mengalir pelan dan ada kesempatan untuk menyatukan nafas dengan gerakan”.

Ditanya tentang asana yang ia sukai, Sandra yang mengaku berlatih 3 sampai 4 kali seminggu ini mengatakan dirinya lebih menyukai asana yang simpel. “Yang kurang saya sukai adalah asana yang ‘jumpalitan’,” ucapnya.

Lalu bagaimana yoga Sandra integrasikan dalam kehidupan sehari-hari? Pengajar yoga yang gemar membaca dan menonton ini menjawab singkat: “Saya mencoba melakukan segalanya dengan kesadaran.”

Dalam belajar yoga, ia mengakui tertarik dengan ajaran ahimsa dan pranayama. “Karena pernapasan yang menjadi benang merah dan terpenting dalam menyatukan mind, body and soul. Menjadikan yoga sebagai meditasi dan inward journey.”

Sandra menggambarkan gaya mengajarnya sebagai “tenang dan tak terlalu banyak bicara setelah memberikan cueing”.

Selama ini Sandra banyak mengajar di sejumlah studio yoga di Jakarta. Dan sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan di Jakarta, ia mengakui mengajar secara daring saja demi keamanan dan kesehatan.

Ingin tahu bagaimana kelasnya? Ikuti kelas virtual Sandra Sabtu nanti di Instagram Live Yoga Gembira edisi Ramadan. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *