Sara Devina: Memahami Diri Melalui Yoga

“Menegangkan tapi juga menyenangkan.” Demikian komentar Sara Devina soal pengalaman pertamanya mengajar yoga. Perempuan kelahiran Jakarta ini beralasan bahwa mengajar yoga menyenangkan “karena bisa membantu banyak orang”.

Pengajar yang dikenal dengan nama @devinasara di Instagram ini pertama kali mengenal yoga saat berada di pusat kebugaran (gym) pada tahun 2016.

Begitu menjajal kelas yoga pertama, Sara merasakan sejumlah faedah yang konkret. Ia merasa mulai bisa lebih banyak bersyukur dan menjadi sadar untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Ditanya mengenai tujuannya dalam beryoga, ia tidak muluk-muluk. Sara menjawab untuk belajar memahami badan sendiri.

Sebagai murid, Sara memiliki gambaran tentang sosok guru yoga yang ideal. “Guru yang ideal ialah yang bisa membuat muridnya semakin mengerti dan menyayangi dirinya sendiri melalui yoga itu sendiri,” ujarnya.

Ia akan mengajar kelas bertema “Power Yoga for Everyone” karena ia sendiri menyukai yoga jenis ini. Power Yoga menjadi favoritnya karena ia bisa belajar lebih mengontrol gerakan melalui napas, ungkap perempuan yang mengaku beryoga 2-3 kali seminggu ini.

Sebagai praktisi yoga, ia memiliki asana yang paling ia sukai dan tidak begitu sukai. “Saya paling suka dengan astravrakasana karena membutuhkan kekuatan dan stabilitas badan. Paling tidak suka dengan frog pose karena paling menyakitkan,” jelas Sara yang juga hobi memasak dan mencoba hal-hal baru.

Selain asana, Sara merasa tertarik dengan konsep Dhrana (concentration) dalam Yoga karena untuk membawa diri ke momen sekarang merupakan hal yang cukup menantang. Apalagi bagi manusia modern yang selalu dihadapkan dengan rencana-rencana dan ambisi masa depan. (*/Akhlis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *